Subscribe Us

Apakah Jejak Digital Akan Selalu Ada Selamanya ?

    LastYungBoy - Dalam waktu belakangan ini banyak sekali dari kita yang mempertanyakan bagaimana jejak digital masih tersimpan sangat lama seiring berjalannya waktu, terkadang hal ini yang membuat kita menjadi hari berhati-hati untuk melakukan segala sesuatu yang sifatnya digital, mungkin foto selfie, chat sarkas, berbagi hal yang sifatnya pribadi kepada orang lain. 

    Dari hal inilah yang membuat saya berfikir untuk menyampaikan artikel ini kepada kalian semua, karena jejak digital “bisa dihapus” namun sayangnya itu sangatlah sulit untuk menghilangkannya secara permanent.

    Simpelnya terkadang ucapan verbal terkadang tidak selalu di rekam dan mudah untuk dihapus, meskipun tidak direkam mungkin saja kalian semua pasti pernah mengingat beberapa kata yang pernah diucapkan oleh lawan bicara kita. 

    Beda lagi dengan jejak digital walaupun konsepnya tetap sama, bahwasannya manusia masih memiliki memori pengingat yang baik, namun jejak digital akan selalu ada sepanjang waktu ketika misalkan kita berbagi foto dengan orang lain atau dengan kalimat cacian dan makian kepada seseorang di dunia internet, hal ini akan sulit untuk dihapus jejaknya.

    Pengamat keamanan internet sekaligus Information Technology Security Specialst Vaksinkom, Alfons Tanujaya mengatakan ketika yang menjadi jejak digital tersebut dipastikan akan berada di internet selama-lamanya.

    Ia mengatakan walaupun bisa dihapus namun sekali terunggah atau terupload bisa saja kemungkinan yang tak terduga terjadi seperti di sreenshoot orang lain, nah hasil ini bisa di upload ulang oleh orang lain lagi diluar sana, contohnya lagi seperti pernah terjadi penulisan ulang sama persis pada beberapa artikel di blog ini, yang kemudian sudah saya hapus artikel tersebut namun masih tersimpan baik sama persis seperti ketikan saya dan juga gambar saya masih rapih tersimpan pada blog orang lain.

    Anggap saja jejak digital kalian adalah sebuah fisik yang bisa dihapus namun sesuatu yang sudah terekam kemungkianan besar sudah ada dimana-mana kata Alfons.

    Jejak digital seringkali dimanfaatkan oleh orang lain diluar sepengetahuan kita untuk tindak kejahatan apapun yang mereka kehendaki, bisa saja bukan hal yang jahat namun tetaplah jejak digital akan selalu ada di dunia internet, salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya adalah Facebook.

    Platform ini sudah meluncurkan Fitur Activity Log yang memungkinkan kalian melihat jejak papun yang telah kalian lakukan selama menggunakan facebook, facebook akan menunjukan dan memperlihatkan kepada kalian semua postingan yang telah kalian buat selama kalian pertamakali membuat facebook, seperti Like pada foto dan komen teman, tambah foto, status facebook dan lainnya.

    Jejak digital terbagi mejadi 2 yaitu Pasif dan Aktif, untuk penjelasan jejak digital Pasif yang artinya data yang ditinggalkan atau secara tidak sengaja terekam tanpa sepengetahuan kita seperti contoh ketika kita menggunakan Google Maps dan website yang kita pernah akses menggunakan ponsel atau komputer. 

    Jejak digital Aktif yaitu merupakan data yang telha kita upload dan bagikan dengan kesadaran dan kesengajaan kita sebagai pengguna suatu media internet, baik media sosial ataupun situs lainnya.

    Cara Mengurangi Jejak Digital Tentang Informasi Pribadi di Internet


    Untuk mengetahui data pribadi kalian yang tersimpan pada internet dengan cek browser internet kalian, masuk pada kotak pencarian History dan lihat identitas apa yang kalian bagikan ke media sosial.

    Menghapus atau Menonaktifkan Akun Media Sosial Dan Akun E-Commerce Kalian :

    Medsos & Ecommers

    Cara menghilangkan jejak sosial pribadi kalian, haruslah melihat darimana kalian pernah membagikan data pribadi kalian ke internet, contohnya Sosial media, Situ Pencari Jodoh ( Kalau Ada :-p ) , atau Situs Pencari Pekerjaan, disinilah Poto, Alamat Rumah, Nomor Telo, Nama Orang Tua, Nomor ID dan lain sebagainya kalian sebar luaskan.

    Gunakan satu akun saja untuk dibergagai akun E-Commerce yang kalian gunakan, karena akan tersimpan nomor rekening bank, Nomor Telp, Alamat, Nomer ID kalian secara pribadi.

    Menggunakan Mode Penyamaran Saat Menggunakan Internet Browser :

    Mode Penyamaran Browser

    Beberapa web browser sudah banyak option untuk menggunakan mode ini, dan guanaknlah mode ini untuk melakukan pencarian terkait apapun di internet agar jejak kalian tidak terlacak oleh mesin pencari, dan beberapa yang sudah mendukung fitur ini adalah Google Chrome, Moxila Firefox, UC Browser dan juga Opera Mini, dengan menggunakan mode ini proses pencarian informasi apapun akan bersifat privasi.

    Menggunakan VPN :

    VPN

    Bisa saja kalian meggunakan software VPN agar tidak diretas, menggunakan VPN menjamin data pribadi kalian akan aman  dan situs web tidak akan bisa melacakmu di internet.

    Langkah dini untuk mengapus dan menghindari jejak digital pribadi kalian yaitu dengan selalu berfikir ulang untuk menyebarkan sesuatu di internet, apakah konten ini perlu atau tidak disebar luaskan, semakin sedikit kamu aktif di dunia internet maka semakin sedikit pula jejak digitalmu yang tersimpan pada internet.

    Penutup

    Jejak digital itu sebagai dua mata pisau yang mungkin bisa baik atau sebaliknya, kita bisa memaksimalkan kemungkinan besar yang bakal terjadi nanti, pikirkan dua kali untuk membagikan hal pribadi anda pada tempat yang seharusnya, jangan lupa follow blog ini untuk dapat melihat artikel-artikel terbaik lainnya dan berikan tanggapan anda tentang artikel ini pada kolom komentar dibawah artiel, terimakasih tetaplah berhati-hati.

    Posting Komentar

    0 Komentar