Subscribe Us

Mengatasi Frame Drop Mobile Legend

    Frame Drop merupakan suatu hal yang sangat menyebalkan apalagi disaat kita bermain game Mobile dimana hal ini sangat berpengaruh ketika salah satu atau dua hero sedang menggunakan skill ultimate yang sedang berlangsung, ini akan mempengaruhi Frame Rate yang sedang kalian gunakan lalu bagaimana cara Mengatasi Frame Drop Mobile Legend ini.

    Game yang sangat disukai para pecinta game Moba ini memang selalu mendapatkan Update dari perusahaan pembuatnya yaitu Moonton namun ada kalanya game ini mengalami kendala seperti Lag, patah-patah, Ping terlalu tinggi dan Low FPS saat bermain Mobile Legend, hal ini dipengaruhi oleh banyak sebab bisa karena faktor HP yang Low Spek yang dipaksa untuk bermain pada kualitas grapic yang Hight atau faktor yang paling sering terjadi yaitu Sinyal Drop.

    Lancar dan nyamannya bermain game tersebut dapat berpengaruh besar terhadap hasil bermain kalian, contohnya adalah pas kalian melakukan Open War saat In Game berlangsung, dan tiba-tiba saja lag parah ketika kalian melakukan skill-skill tertentu yang membuat ponsel kalian bekerja dengan keras saat memperoses game ini.

    Pengaruh Lag Pada Game Mobile Legend

    Banyak faktor yang bisa membuat game Mobile Legend terasa sangat tidak lancar pada ponsel kalian, dan ini tentunya hal yang paling menjengkelkan dan hal ini haris diatasi dengan cara atau trik yang akan saya bagikan dibawah ini.

    Faktor Koneksi Internet

    Paling umum yang terjadi adalah pada faktor jaringan internet yang sering meresahkan para player walapun Monnton sendiri sudah menerapkan Dual Connection Setting yang bisa kalian gunakan, yaitu dengan cara Koneksi Internet Kartu kalian atau Kuota kalian dan yang satu lagi yaitu dengan Connection Wifi secara bersamaan bisa kalian gunakan pada pengaturan jaringan pada setingan Game Mobile Legend, server mobile legend ini yang merupakan Global akan mengumpulkan Player dalam 1 server saja dan ini membuat server menjadi beban Bounce yang sangat tinggi atau disebut "Ping" tinggi biasanya akan terlihat berwarna merah pada bagian sinyal Game Mobiel Legend.

    HP Kentang "Potato Phone"

    Kabanyakan player Mobile Legend masih terlihat menggunakan Ponsel yang spesifikasi rendah untuk bermain game ini, bukan berarti game ini harus menggunakan spesifikasi besar pada ponsel, namun setidaknya memiliki kriteria minimum requirment yang standarnya adalah Snapdragon 665 dan ini sudah minimal spesifikasi yang terkadang dan tidak terlalu sering terjadi Frame Drop yang bisa dikatakan Playable.

    Cara Mengatasi Fram Drop Mobile Legend

    1. Pastikan spesifikasi ponsel memenuhi minimal requirment pada game Mobile Legend Bang Bang ini, yaitu Ram minimal sebesar 2 GB dan minimal GPU Snapdragon 665, itu sudah memiliki Framdrop namun dalam batas wajar atau Playable yang baik untuk bermain sepanjang pertandingan berlangsung. 

    2. Gunakan jaringan yang Stabil atau gunakan Wifi sebagai jaringan utama kalian, game moba seperti ML ini sebenrnya membutuhkan jaringan yang sangat besar dan cepat, namun yang harus diperhatikan adalah jaringan yang stabil dan Ping yang rendah, dengan begitu game akan berjalan sangat lancar.

    3. Gunakan jaringan 4G saja, terkadang banyak dari player menggunaan setingan jaringan pada ponselnya yang bisa bergantian type jaringannya, ketika jaringan drop berubah menjadi H+, nah hal ini yang membuat Frame Drop pada game Mobile Legend, namun banyak daerah yang minim sekali mendapat jaringan 4G kalian bisa menggunakan kode ini untuk memaksimalkan pada ponsel kalian : 

    Ketik Dial *#*#4636#*#* lalu pilih Informasi Telephone, lalu kalian pilih Setting ke 4G Only.

    4. Login game pada jam tertentu, sering saya lakukan ketika saya mengalami Frame Drop, untuk beberapa Provider mungkin bisa kalian pada jam 6-9 atau jam 12 malam karena disaat ini bukan pada waktu sibuk pengguna Provider selalu Online sinyal pada ponsel-nya.

    5. Jika kalian bermain di dalam rumah masih terasa Fram Drop atau Lag mungkin kalian bisa pindah lokasi yang dianggap lancar untuk mendapatkan sinyal terbaik untuk bermain Mobile Legend Bang Bang ini, atau kalian bisa cek menggunakan Coverage Area di google untuk menentukan jaringan kalian aman untuk bermain mobile legend.

    6. Gunakan Aplikasi Ping Tools untuk melihat tinggi rendahnya Ping pada jaringan kalian sebelum masuk pada game mobile legend, hal ini sangat penting untuk memeriksa sebelumnya, ini sangat saya rekomendasikan terutama pada operator Three (3), Xl dan Exis, kalian bisa download aplikasinya dibagian bawah ini : 

    https://www.lastyoungboy.eu.org/
    APK Ping Tools

    Google Drive : Ping Tools |  20 MB

    7. Seting Grafis pada Aplikasi Mobile Legend Bang Bang, hal ini perlu digunakan untuk memaksimalkan hasil permainan yang biasa kalian dapatkan untuk itu biasanya setingan ini bisa di ubah sesuai dengan kemampuan ponsel kalian seperti pada gambar dibawah ini : 

    https://www.lastyoungboy.eu.org/
    Setting High

    https://www.lastyoungboy.eu.org/
    Setting Medium

    https://www.lastyoungboy.eu.org/
    Setting Low

    Setingan Tambahan

    1. Nonaktikan Share Location, jangan kalian aktifkan Share Location karena ini akan membebani koneksi jaringan kalian dan membuat game play terasa lag untuk selalu memperoses location yang selalu Ontime atau Realtime dalam permainan mobile legend bang bang, seperti pada gambar dibawah ini : 

    https://www.lastyoungboy.eu.org/
    Share Location

    2. Optimasi jaringan dengan cara peningkatan Dual Connection seperti pada gambar dibawah, dan aktifkan Speed Mode untuk melancarkan Game Play yang sedang berlangsung :

    https://www.lastyoungboy.eu.org/
    Optimasi Jaringan Dan Speed Mode

    8. Bersihkan Aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang, hal ini perlu kalian lakukan sebelum bermain Mobile Legend agar tidak terjadi Fram Rate atau Fram Drop pada saat Game Play berlangsung, caranya seperti yang sudah kalian pasti tahu, yaitu dengan membersihkan atau Clear Cache pada setingan Ponsel kalian masing-masing, atau Clear Recent App yang biasa kalian lakukan, kelihatannya sepele, namun Aplikasi yang berjalan pada latar belakang ini akan membuat ponsel berjalan sangat lambat untuk melakukan pekerjaan pemprosesan game Mobiel Legend Bang Bang tersebut, proses aplikasi pada latar belakang ini membuat beban pada prosesor ponsel dan memory kalian, seperti pada gambar dibawah ini : 

    https://www.lastyoungboy.eu.org/
    Clear Cache

    9. Bermain Mobile Legend pada saat ponsel panas, hal ini sebaiknya kalian hindari, karena ini adalah indikasi bahwa prosesor dan memory internal kalian sedang bekerja keras untuk menjalankan aplikasi yang senantiasa berjalan secara berbarengan dan otomatis, dan membuat beban pemprosesan aplikasi sangat lambat yang membuat game play menjadi Lag atau Fram Rate atau juga Frame Drop, panas pada ponsel juga mengakibatkan masa pakai ponsel menjadi lebih singkat dan sebaiknya kalian hindari dari sekarang.

    10. Selalu Update Aplikasi, sebaiknya ada kalanya aplikasi yang terinstal pada ponsel kalian sudah mendapatkan update terlebih aplikasi mobile legend, karena ini akan mempengaruhi kinerja perfroma dalam Perbaikan Bug atau kesalahan pada game Mobile Legend Bang Bang, karena Moonton selalu memberikan Update yang diusahakan menjadi peningkatan pada Game Play kalian, jika aplikasi Mobile Legend sudah terupdate maka selanjutnya diusahakan kalian restart ponsel kalian, dan biarkan beberapa detik, idealnya 5-10 detik untuk menurunkan suhu prosesor agar lebih dingin.

    11. Hindari Aplikasi Terlarang ini, hindari Penggunakan Aplikasi VPN untuk bermain Mobile Legend dan Aplikasi Game Booster, aplikasi ini justru akan membuat sibuk pada proses prosesor kalian yang mana justru akan membuat game play kalian terganggu, dan sebaiknya kalian hapus saja atau Force Close untuk sementara waktu ketika kalian bermain game tersebut.

    12. Gunakan Mode Performa, pada sebagian ponsel saat ini sudah memiliki Fitur canggih dimana kalian bisa memilih Mode Performa didalamnya, hal ini dapat membantu kinerja ponsel secara maksimal, namun hal ini akan membuat baterai kalian akan cepat habis, seperti layaknya komputer hal ini bisa disebut dengan Over Clock (OC) pada prosesor yang akan digunakan untuk bermain Game,  seperti gambar dibawah ini adalah Mode Performa dari Ponsel Realme 5 : 

    https://www.lastyoungboy.eu.org/
    Mode Performa

    13. Cari lokasi yang memiliki Coverage sinyal pada operator yang kalian gunakan mendapatkan jaringan yang bagus, sebenarnya hal ini sudah saya katakan sebelumnya karena lokasi yang bagus sudah pasti mempengaruhi kualitas permainan kalian, jika di daerah kalian masih belum dapat sinyal yang baik adakalanya pindah lokasi bermain, yang setidaknya terhalang dari bangunan-bangunan besar seperti rumah bertingkat atau gedung perkantoran.

    Penutup

    Itulah beberapa tips dan trik Cara Mengatasi Fram Rate atau Frame Drop Pada Mobile Legend yang bisa saya berikan kepada kalian, untuk maksimalnya tetaplah gunakan Jaringan Internet atau Wifi pada Provider yang memiliki kredibilitas atau paket gaming yang baik, sekian dan terimakasih nantikan artikel-artikel menarik lainnya.

    Posting Komentar

    0 Komentar