Subscribe Us

Apa Itu Spyware Pegasus

    LastYoungBoy - Belakangan ini lagi ramai sekali pemberitaan soal Spyware Pegasus dan berbagai macam ancaman dari Spyware ini, dimana ancaman dari Spyware Pegasus ini membuat Presiden Perancis ganti ponsel karena Spyware Pegasus ini.

    Spyware buatan perusahaan asal Israel, Pegasus dilaporkan menargetkan jurnalis, aktivis, politisi serta pemerinta dari banyak negara yang dianggap penting bagi mereka, menurut laporan Guardian, Spyware Pegasus ini menargetkan nomer ponsel kepala negara dan pemerintahannya, salah satunya yaitu Presiden Perancis Emmanuel Macron.

    Hingga pendiri Telegram sadar akan menjadi target serangan Spyware Pegasus ini sejak 2018, pendiri Telegram Pavel Durov yang kontaknya dilaporkan masuk dalam daftar target NSO Group dari Spyware tersebut, Pavel sadar akan hal itu setidakna sejak tahun 2018 silam.

    Dalam hasil investigasi Amnesty Internatonal dan Jurnalisme Non-Profit yang berada di Prancis yaitu Forbidden Stories mengklaim sudah ada ribuan Iphone berpotensi disusupi Spyware jenis ini, mereka mencemaskan akan hal itu setelah melakukan investigasi yang diberi kode Pegasus Project.

    Apa Itu Pegasus ? 

    Pegasus merupakan jenis Spyware yang diciptakan untuk memantau semua kegiatan pengguna ponsel pintar seperti SMS, Email, Data Lokasi, Riwayat Browsing, Panggilan Telepon dan sebagainya, namun yang lagi gencar adalah penyusupan di aplikasi Whatsapp orang-orang berpengaruh didunia seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

    Menurut pengamat keamanan siber yaitu Alfons Tanujaya dari Vaksin.com, untuk saat ini biasanya spyware pegasus ini menyusupi celah keamanan dari aplikasi Whatsapp sehingga dapat mengambil alih perangkat ponsel, selain itu juga dalam metode pencegahan yang dapat menutup celah keamanan adalah mereka sendiri agar tidak disusupi pegasus.

    Pegasus Unik Dan Canggih

    Spyware ini cukup unik dan canggih karena dapat menyerang semua jenis perangkat Gadget yang mengoperasikan sistem iOS ataupun Android, salah satu analis keamanan dari Kaspersky Lab mengatakan, keunikan dari pegasus ini adalah menghancurkan dirinya sendiri jika tersusupi yang bukan menjadi targetnya.

    Untuk sementara ini saya sendiri menganjurkan untuk tidak memanfaatkan metode Rooting pada android atau Jailbreak pada iOS karena hal ini dapat dimanfaatkan oleh  Spyware Pegasus untuk melakukan peretasannya, jika ponsel pintar kalian melakukan hal tersebut maka pegasus dapat menyalin data atau bahkan menghidupkan microfon untuk mengubah suara telepon menjadi perangkat yang dapat di dengar oleh Pegasus.

    Misi Spyware Pegasus

    Spyware Pegasus ini sekarang yang saya amati yaitu misinya adalah untuk membredel atau membungkam siapa saja yang mengkritik tentang apa yang terjadi pada negara Zionis Israel tersebut, Seperti yang sudah pernah diberitakan diberbagai platform dunia, serangan terhadap Jurnalis Washington POst yaitu Jamal Khasoggi dibunuh Konsulat Saudi di Istanbul Turki pada Oktober 2018 silan. 

    Organisasi hak digital Citizen Lab melaporkan bahwa teman dekat Khasoggi yaitu Omar Abdulaziz telah menjadi sasaran intai pegasus yang di kembangkan oleh israel tersebut yaitu NSO Group Technologies, dari laporan Forbiden Stories mengungkapkan bahwa spyware pegasis berhasil dipasang pada ponsel tunangan Khashoggi yaitu Hatice Cengis hanya selang empat hari setelah pembunuhannya, secara keseluruhan ponsel 180 jurnalis di seluruh dunia menjadi target NSO Technologies.

    Posting Komentar

    0 Komentar