Subscribe Us

Penyebab Ponsel Panas, Begini Cara Mengatasinya

    cara mengatasi hp panas

    LastYoungBoy - Ponsel saat ini sangat maju begitu cepatnya, sehingga bisa dikatakan setiap minggunya sudah ada ponsel terbaru lagi termasuk perkembangan kapasitas baterai yang mengikuti spesifikasi yang tertanam pada ponsel yang kalian gunakan.

    Ponsel sangat dipergunakan pada beberapa tahun belakangan ini, karena disebabkan oleh pandemi yang entah kapan selesainya aktifitas ponsel dan kegunaannyapun semakin hari semakin erat seperti kegiatan sekolah online yang sangat diperlukan sehari-hari.

    Namun perlu diingatkan bahwa secanggih apapun ponsel kalian pasti ada batasannya, begitupula dengan ponsel yang mungkin saja kalian gunakan setiap hari dengan kegunaan yang melampaui batas, umunya ponsel digunakan tidak sekedar untuk mencari informasi terkait apa yang kalian inginkan namun juga bisa dijadikan penghilang rasa penat untuk bermain game, dengan begitu penggunaan yang sangat panjang dan berat maka ponsel akan terasa sangat panas jika digunakan secara terus menerus, maka jika sudah begini tak jarangan kinerja ponselpun semakin menurun atau melambat.

    Penyebab ponsel panas pun cukup banyak dan beragam, penggunaan yang berlebihan adalah salah satu yang paling sering terjadi ada pula kasus baterai yang secara tidak wajar di charge sepanjang waktu ketika digunakan, atau kondisi Bug atau kesalaha pada software yang mungkin saja terjadi.

    Sebagai pengguna ponsel yang bijak kita seharusnya bisa memanfaatkan teknologi ini dengan baik dan jangan terlalu memaksakan spesifikasi ponsel yang bisa saja terbatas dan penggunaan yang tidak sewajarnya.

    Berikut ini telah saya berikan dari beberapa ponsel yang saya perhatikan dan dengan spesifikasi yang ada pada sekitar kita, tentang penyebab hp cepat panas yang wajib banget kalian ketahui oleh para pengguna ponsel :

    Bermain Game Dengan Waktu Yang Cukup Lama 

    Salah satu penyebab paling umum yang saya temukan dan saya perhatikan adalah, pengguna ponsel terlalu lama untuk bermain game apalagi game pada akhir-akhir ini sedang ramai digunakan atau di instal pada ponsel baik android ataupun Iphone.

    Walaupun sebagai alat untuk menghibur diri dikala waktu bosan, namun seharusnya tidak bermain game dalam kurun waktu berjam-jam, aplikasi game juga memiliki Cache yang akan selalu bertambah jika kalian memainkan game tersebut.

    Kemudian ketika game tersebut terdapat pembaruan aplikasi maka ukuran aplikasi game otomatis akan bertambah, ditambah lagi ketika spesifikasi ponsel tidak memenuhi syarat pada aplikasi game maka sudah dipastikan akan memaksakan prosesor ponsel kalian bekerja lebih berat lagi untuk menjalankan game yang kalian mainkan.

    Video Streaming

    Penyebab hp cepat panas yang kedua adalah penggunaan hp untuk menonton video secara streaming, hal ini memungkinakan ponsel atau hp kalian akan cepat panas karena pemprosesan data internet dan pengolahan gambar yang berjalan akan memakan daya besar pada baterai.

    Video streaming yang kalian tonton seperti youtube akan membuat hp kalian haru memuat atau menampilkan data video dan stabil pada tampilan aktif untuk menampikan video streaming yang lama, dan hal ini akan membuat hp semakin cepat panas.

    Setingan Pengaturan

    Tingkat kecerahan hal yang jarang diperhatikan, karena setelan pengaturan ini cukup menguras daya baterai apabila kalian gunakan dalam kondisi seperti dua hal diatas yang sudah dibahas, mungkin bisa kalian coba untuk melakukan pengurangan kecerahan yang kalian gunakan pada ponsel kalian, hal ini akan mengurangi beban pada CPU ponsel kalian tentunya.

    Kondisi Lingkungan

    Kondisi dimana kalian bermain game atau melakukan aktifitas yang cukup lama diluar ruangan dengan ponsel yang aktif apalagi kebanyak layar hp jarang sekali yang mampu untuk menampikan gambar dibawah matahari, otomatis kalian menaikan pencahayaan pada layar hp, hal ini akan menyebabkan ponsel semakin cepat panas.

    Coba untuk tidak melakukan kegiatan menggunakan ponsel secara aktif diluar ruangan, dan suhu ponsel kalian akan normal kembali.

    Update Aplikasi

    Pada kasus yang ke lima ini adalah hal yang memungkinan terjadinya suhu hp semakin panas, karena penggunaan data yang secara continue untuk melakukan update aplikasi dan langsung penginstalan pada hp kalian, apalagi ponsel kalian banyak menggunakan dan menginstal aplikasi yang cukup sering kalian gunakan.

    Coba lakukan update secara berkala dengan jaringan wifi tau jangan menumpuk aplikasi yang meminta untuk segera diupdate, karena hal ini akan memperlancar kinerja ponsel dan membuat ponsel tidak terlalu panas dalam melakukan update aplikasi yang langsung di instal untuk memperbarui aplikasi tersebut.

    Cara Mencegah Ponsel Cepat Panas

    • Selalu update atau perbarui aplikasi dan software pada ponsel kalian secara otomatis agar tidak menumpuk untuk minta di perbarui.
    • Hapus aplikasi yang tidak di butuhkan, apalagi hanya untuk diinstal saja, ini akan mengurangi resiko penuhnya memory yang membuat aplikasi lainnya lambat dan menguras daya ponsel
    • Hindari penggunaan hp langsung dibawah matahari secara lama, seperti bermain game.
    • Selalu Clear Cache dengan aplikasi bawaan ponsel kalian, untuk mengurangi beban CPU.


    Penutup

    Jika kalian menemukan artikel tentang penyebab dan cara mengatasi ponsel panas, maka kalian sudah mendapatkan cara dan penyebabnya untuk memperpanjang usia pakai baterai ataupun hp yang kalian pakai saat ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share atau komen pada artikel ini, terimakasih.

    Posting Komentar

    0 Komentar