Subscribe Us

Cara Install Windows dengan BIOS legacy dan UEFI

    Halo teman-teman semua apa kabar nya, semoga sehat selalu
    kali ini saya akan memberikan tips dan trik instal ulang windows dengan BIOS Legacy dan UEFI.

    sebelumnya saya akan memberitahu temen-temen apasih BIOS Legacy itu, dan bagaimana BIOS Legacy itu bekerja maka dari itu ayo simak tutorial ini :

    yang pertaman kita harus paham Instal Ulang lewat Bios itu seperti apa :


    yang pertama gambar disamping adalah bentuk Bios pada Motherboard standar yang mana temen-temen bisa seting Firsboot pada saat instal ulang ke DVD atau Flasdisk Drive temen-temen.
    Ini adalah langkah awal untuk instal ulang, bila temen mau masuk ke tampilan Bios seperti disamping ini dengan cara temen-temen harus restart atau awal mau mengaktifkan komputer temen-temen harus tekan tombol F2/Del pada keyboard temen-temen semua,

    Maka tampilan yang muncul adalah Bios seperti di gambar, yang kedua temen-temen bisa masu ke Tab menu  Advance Bios Setup, maka temen-temen semua bisa memilih Boot Pertama untuk memulai instal ulang menggunakan cara apa bisa dengan USB Flasdisk atau DVD Rom temen-temen.

    Bios Legacy

    Gambar di samping adalah tampilan Bios setelah masuk Advance Bios Setup pada bios komputer atau laptop temen-temen semua. setelah temen-temen memilih First Boot apa yang temen-temen mau pilih, maka temen-temen bisa tekan tombol F10 untuk save setingan bios ini lalu tekan Ok atau Yes pada pilihan itu, lalu Enter, maka setelah itu komputer temen-temen akan melakukan Instalasi Windows yang berjalan secara otomatis.


    Keterangan diatas adalah untuk melakukan Instalasi Windows Dengan Tampilan Bios Standar pada komputer temen-temen semua, yang selanjutnya saya akan memberitahukan tutorial atau cara Instalasi Windows Lewat UEFI.

    nah begini cara seting UEFI pada Laptop atau Desktop temen-temen semua, cara nya hampir sama seperti Bios pada keterangan Bios diatas yang sudah saya berikan caranya, temen-temen harus tekan tombol F2/Del pada keyboard temen-temen semua, lalu masuk tampilan seperti ini : 

    UEFi Seting Bios

    Gambar disamping adalah tampilan Bios untuk memilih Boot dengan UEFI temen-temen tinggal arahkan ke UEFI.
    First Boot tetap temen-temen pilih sesuka hati, seperti keterangan Bios biasa, 

    Ini adalah Pengertian UEFI :

    UEFI singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface. UEFI merupakan teknologi terbaru berupa firmware interface pada sebuah komputer modern yang dibuat guna menggantikan fungsi dari BIOS. Sejarah kemunculan UEFI bermula dari terobosan yang dilakukan oleh perusahaan hardware terbesar yaitu Intel, yang pada saat itu teknologi ini oleh Intel diberinama EFI (EFI singkatan dari Extensible Firmware Interface). Lalu seiring perkembangan, EFI kemudian diambil alih segi pengembangannya oleh sebuah group perusahaan yang terdiri dari 140 anggota yang kemudian diberilah nama Unified EFI atau populer saat ini menjadi UEFI.

    Pengertian UEFI adalah penghubung antara hardware dengan sistem operasi dan Firmware pada sebuah komputer modern sehingga dapat terjalin suatu komunikasi. Fungsi dari UEFI sendiri sama dengan fungsi BIOS. Fungsi UEFI yaitu mengecek seluruh komponen yang ada pada komputer pada setiap kali komputer akan dijalankan. Pengaturan segala hal yang berhubungan dengan hardware dapat diatur melalui jendela interface UEFI sama halnya seperti pengaturan hardware dengan BIOS, pengaturan tersebut kemudian diserahkan kepada Sistem Operasi Windows 7 dan windows lainnya pada proses booting.

    Fungsi dan Kelebihan UEFI 

    Dan berikut ini kami ulas fungsi dan kelebihan UEFI dibandingkan dengan BIOS:

    UEFI mempunyai kemampuan yang lebih handal untuk hardware berkomunikasi dengan firmware.
    UEFI adalah firmware yang programmable, yang berarti si manufaktur hardware bisa menambahkan driver hardwarenya langsung pada UEFI.
    Tampilan visual menjadi lebih user friendly, sehingga mudah dalam pengoperasian.
    Security pada UEFI untuk hardware lebih kuat bila dibandingkan dengan BIOS.
    Dukungan pada media penyimpanan atau Hard disk yang lebih besar hingga mampu menjalankan harddisk berkapasitas lebih dari 2.2TB.
    UEFI memiliki kemampuan yang sangat cepat untuk menjalankan komputer dari keadaan mati (startup) dan proses resume ketika kondisi komputer hibernate.
    Dukungan sempurna pada perangkatWindows 7 32Bit atau 64bit.
    Adapun kelemahan UEFI adalah umurnya yang masih sangatlah muda. Jadi hingga saat ini UEFI masih dalam proses pengembangan dan penyempurnaan. Contohnya saja para pengembang Linux masih setengah hati dalam melakukan pengembangan Sistem Operasinya menggunakan firmware terbaru UEFI ini. Jadi mari kita nikmati teknologi terbaru UEFI ini yang dapat menghasilkan kemampuan yang lebih mantap dalam pengoperasian komputer.

    Pengertian BIOS

    BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

    Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
    Memuat dan menjalankan sistem operasi
    Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
    Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
    BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

    Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

    Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani (Βίος).

    Yap itulah ulasan dari pengertian UEFI dan BIOS yang telah saya berikan kepada temen-temen semua, semoga bermanfaat untuk temen-temen belajar awal untuk seting First Boot pada instal ulang komputer atau laptop temen-temen semua.

    oiya jangan lupa Share dan Komen untuk ninggalin jejak temen-temen apabila suka dengan ulasan saya ini, terimakasih dan wasalam.

    Posting Komentar

    0 Komentar