Tips membeli Laptop baru dan bekas


Buat anda yang punya budget pas-pasan tapi pengen beli laptop (notebook), maka membeli laptop bekas adalah salah satu solusinya. tetapi membeli laptop bekas dibutuhkan kejelian dan kepandaian menawar harga, sehingga kita bisa mendapat laptop yang masih bagus dengan harga yang terjangkau. Saya sudah 5 tahun lebih memegang laptop, dan sudah berkali-kali saya ganti laptop (kebanyakan laptop bekas) karena memang budget saya terbatas.

Anda sebaiknya mencari info terlebih dahulu spek dan merek notebook yang akan anda beli. Ada sedikit tips dari saya sebelum membeli notebook bekas atau second. Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit pertimbangan sebelum membeli notebook. Langsung aja kita bahas soal tips mengenai membeli laptop bekas atau second. Berikut hal-hal mendasar yang patut diperhatikan supaya Anda mendapatkan laptop bekas namun masih bagus dan sangat layak digunakan:

1.      Cek baterainya. Baterai sangat penting digunakan pada saat mobile berpergian, karena itu Anda harus mengecek baterai laptop bekas itu. Normalnya bisa bertahan antara 45 menit-60 menit dengan pemakaian ketik, baca dan mendengarkan musik. Cek Wifi, bluetooth, webcam dan card reader. Jika ada, tidak ada salahnya mengecek fitur standar laptop ini.

2.     Pertimbangan budget (dana yang tersedia). pertimbangkan antara kebutuhan dengan dana yang tersedia. contoh: apakah perlu membeli “laptop gaming” jika hanya digunakan untuk mengetik dan membuat dokumen Office? ini perlu karena bila sudah cocok dengan notebook tertentu, tapi dananya gak cukup kan jadi kecewa.

3.    Perhatikan bentuk fisiknya. silakan periksa casis, layar laptop dan keyboard atau touchpad. Jika keadaan dari ketiga komponen tersebut masih baik dan bagus berarti laptopnya sama pemilik pendahulunya dirawat dengan baik. Lihat casing laptop. Casing yang baret/ tergores menunjukkan laptop tersebut kurang dirawat. Tentunya hal ini mempengaruhi bagian dalamnya. Apalagi bila sampai retak berarti laptop tersebut sudah pernah jatuh. Lihat layarnya. Apakah ada goresan yang parah, adakah pixel yang mati. Karena layar pada laptop merupakan bagian yang mahal harganya jika rusak. Lihat keyboardnya. Keyboard untuk mengetik juga tidak kalah pentingnya, harganya pun lumayan mahal. Karena itu perlu di cek satu persatu apakah masih berfungsi. Demikian juga dengan tombol fungsi (FN ) dan tombol- tombol shortcut lainnya.

4.    Perhatikan Masalah komponen internal dalam laptop seperti Prosessor , RAM Memori, Kapasitas Harddisk, Baterai. Disini lebih baiknya anda memilih prosessor pentium core 2 duo atau setara, karena aplikasi-aplikasi modern membutuhkan prosesor yang tangguh dan performa tinggi.
5.Sebagai pertimbangan bisa tanya-tanya dulu silakan bertanya dengan teman, saudara atau tetangga yang sudah lama kenal laptop. hal yang bisa anda tanyakan: merek apa yang paling awet, baterai tahan lama atau tidak, dan trouble-trouble hardwarenya.

Penutup

Itulah beberapa Tips untuk membeli laptop baru ataupun bekas yang bisa kalian terapkan ke siappun agar tidak salah membeli perangkat komputer tersebut, atau mungkin menjadi panduan dari artikel ini untuk kalian yang baru ingin membeli perangkat komputer

Posting Komentar

- Gunakan Komentar Yang Baik
- Dilarang Spam Link Dalam Bentuk Apapun
- Blog Wallking Monggo..!!
- Gunakan Link Mati Untuk Blog Wallking

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak