Subscribe Us

Memilih Jenis PSU Sesuai Kebutuhan




    Memilih Jenis PSU Sesuai Kebutuhan 

    Pasti sudah tidak asing lagi dengan logo di atas, yap sesuai dengan tema artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan fungsi dan keutamaan untuk memilih jenis PSU yang sesuai dengan kebutuhan kalian ataupun komputernya, hal yang pertama kita bahas adalah Komponen yang ada pada komputer kita sendiri tentunya, jangan asal beli PSU bila kalian masih pemula, wajib sekali bagi kalian yang pemula untuk bertanya dan berkonsultasi kepada kawan atau orang yang lebih paham untuk masalah PSU ini.

    Merk PSU
    Dari berbagai merk PSU mungkin kalian sudah tidak asing dengan berbagai merk yang sering kalian jumpai, sebut saja PowerUp dengan slogan khasnya yaitu Extream Cool Extream Quiet, satu lagi contoh merk PSU yang sangat legend pada masanya yaitu merk SUN seperti contoh ini.
    Merk seperti ini bukannya jelek atau tidak awet, sesungguhnya benda elektronik susah untuk di tebak awet atau tidaknya, tentu saja banyak pertimbangan untuk membeli PSU jenis lainnya, maka itu artikel ini saya buat untuk menjadikan refrensi kalian untuk membeli PSU seperti apa.

    Hardware
    Kemudian faktor harware adalah hal yang harus kalian perhatikan, tentu saja kalian tidak maukan perangkat komputer kesayangan kalian rusak akibat ulah kualitas PSU yang buruk, nah yang kalian harus perhatikan adalah penggunakan Hardware seperti apa yang ada dalam komputer kalian, contohnya Penggunakan VGA Card untuk kasus VGA Card jelas harus tau spesifikasi detailnya, sebagai contoh Memory, Bit rate nya, pada kasus VGA ini biasanya untuk VGA kelas Mid End cukup dengan PSU biasa saja atau tidak pure dengan toleransi tidak banyak penggunaan hardware. 
    Kemudian Harddisk yang kalian pakai harus seminimal mungkin tidak terlalu besar karena harddisk bila kapasitas besar biasanya akan memakan beban listrik banyak untuk kebutuhan hardware.
    Kemudian DVD saya sarankan untuk DVD tidak usah di gunakan untuk komputer kalian, sebab kebanyakan komputer tidak membuthkannya lagi, jika kalian ingin menggunakan DVD silahkan gunakan yang DVD jenis External saja, akan lebih irit tempat dan tidak banyak penggunakan hardware pada komputer kalian nih.

    Simulasi
    Saya akan mensimulasikan penggunaan PSU yang baik menurut kebiasaan saya, mungkin bagi para pembaca ini ada pro dan kontra, tapi saya akan memberikan pengetahuan yang selama ini saya gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas spesifikasi pada sebuah prangkat komputer.

    Contoh 1 
    - Prosesor Core 2 Dua E8500 3,16Ghz
    - Harddisk WD 500GB x2 (1TB)
    - Ram 4GB DDR3
    - VGA HIS 6850 iceq x 1GB 256Bit
    Pada Simulasi di atas adalah gambarn pada sebuah komputer saya, bisa kalian perhatikan pada perangkat VGA Cardnya, pada spesifikasi lengkapnya ini di wajibkan harus menggunakan minimal 500W Pure PSU jelas sudah disini, karena kebutuhan akan power dari VGA nya sebab ada socket 6Pin untuk menghidupkan Sebuah VGA tersebut.
    Untuk perangkat lainnya yang terdapat di dalam sebuah CPU di atas, power supplay atau PSU 500W Pure sudah sangat menunjang kinerja perangkat komputer ini.

    Contoh 2
    - Prosesor Core 2 Dua E8500 3,16Ghz
    - Harddisk WD 500GB x2 (1TB)
    - Ram 4GB DDR3
    Untuk Spesifikasi di atas saya tidak menggunakan VGA saja untuk semulasi ini, nah untuk kebutuhan akan PSU nya saya cukup menggunakan PSU berkapasitas 400 Wat Pure Merk FPS, bagi saya ini berlebihan sebab untuk penggunaan hardware nya masih belum terlalu butuh wat sempurna karena pada dasarnya saya hanya menggunakan PSU Merk EPro 500w tidak pure sudah kuat saya sudah gunakannya lama, saya membeli yang pure untuk penunjang VGA saya saja dan untuk tambahan lainnya di lini dapur pacu yang nantinya saya akan Upgrade ke QuadCore seri 9xx.
    Kesimpulan
    Ketika kalian tidak paham untuk memilih PSU sesuai kebutuhan komputer atau kalian ada baiknya kalian bisa tanyakan ke kerabat yang lebih paham masalah ini, sebab jika kalian asal beli Pure PSU yang kalian anggkan bagus dan sempurna belum tentu bagus juga di bagian listrik kalian, karena beban listrik akan semakin besar, dan semain mahal harganya, untuk pemilihan merk kalian bisa sesuaikan dengan budget, semoga artikel kali ini bisa membantu kalian untuk refrensi memilih PSU yang baik untuk kalian dan perangkat komputer kalian nih, nantikan artikel-artikel menarik lainnya ya.

    Posting Komentar

    0 Komentar