Subscribe Us

Defisini Komputer


    1. Pengertian Dasar Komputer 

    Apakah kalian pernah mendapatkan peryanyaan yang berkisaran tentang apakah komputer itu? coba kalian renungkan dan mencoba untuk menjawabnyadan jangan kaget bila peryanyyan tersebut sulit untuk dijawab.

    Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk dijawab. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda.

    Istilah komputer (compure) diambil dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (to computer atau to reckon).

    Berikut ini diberikan beberapa definisi tentang komputer yang disajikan oleh beberapa buku komputer.

    Menurut buku Computer Annual ( Robert H. Blissmer) : 

    Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : 

    - Menerima input
    - Memperoses input tadi sesuai dengan programnya
    - Menyimpan perintah-printah dan hasil dari pengolahan
    - Menyediakan output dalam bentuk informasi

    Menurut buku Computer Today ( Donald H. Sanders) : 

    Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memory (storage program). 

    Menurut buku Compure Organitation (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesi, S.G. Zaky) : 

    Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan dalam memory (storage program ) dan menghasilkan output informasi.

    Dalam definisi yang tersebut diatas dapat kita simpulkan bahwa komputer adalah

    1. Alat elektronik 
    2. Dapat menerima input data
    3. dapat mengolah data
    4. dapat memberikan informasi
    5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (storage program)
    6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
    7. Bekerja secara otomatis

    Sedang yangdisebut dengan program adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya  dengan cara yang sudah tertentu.

     2. Pengolahan Data Elektronik 

    pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama Pengolahan Dapa Elektronik (PDE) atau Electronik Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadianyang diangkan dari seuatu kenyataa. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya.

    Data mentah masih belum berceriterabanyak, sehingga perlu diolah lebihlanjut. Pengolahan Data ( data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berhuna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.

    Informasi adalah jasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

    Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berati berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

    3. Siklus Pengolahan Data

    Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing, dan output

    Silus Pengolahan Data

    Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pengolahan data yangdikembangkan (Iexpanded data processing cycle) dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan lagi, yaitu orgination, storage dan distribution. 


    Origination Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.

    Input Tahap ini merupakan proses memasukan data kedalam proses komputer lewat alat input (Input device

    Processing Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukan yang dilakukan oleh dalat pemroses (Iprocessing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklarifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.

    Output Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informas.

    Distribution Tahap ini merupakan hasil dari distribusi output kepada pihak yang berhak dalam membutuhkan informasi.

    Storage Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan kesimpanan luar (storage). Hasil pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.



    Fakta Menarik Komputer atau Program Komputer : 



    1945 Kutu Yang Pertama 

    Sewaktu mengembangkan komputer Harvard Mark II, suatu relay ditemukan rusak. Didalam relay yang rusak, ditemukan sebuah Bug (Kutu) yang telah terjepit mati, mulai saat itu, bila komputer tidak bekerja atau suatu program komputer mengalami kesalahan, para ahli megatakan mereka sedang melakukan proses  (Mencari Kutu, yang dimaksud mencari sebab kesalahannya). Debugging berasal dari kata bug. sampai sekarang istilah tersbut masih sangat popule.

    Posting Komentar

    0 Komentar