Subscribe Us

Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Komputer

    Mengenal Tentang Jaringan Komputer Dan Nama Jenis Jaringannya

    Sekarang ini pengguna Jaringan Internet sudah mecakup hampir seluruh pelosok dunia, bahkan tidak lain juga Indonesia yang semakin merata dalam penggunaan Internet itu sendiri, pegguna internet aktif seperti saya dan banyak orang lainnya pasti mengalami peningkatan penggunaan sepanjang waktu sesuai kebutuhannya, salah satu fungsi utama internet tersebut adalah untuk menghubungkan antara jaringan satu ke jaringan yang lain baik pada komputer ataupun ponsel yang selalu terhubung pada jaringan internet atau biasa kita sebut dengan kuota.

    Pada artikel yang saya bahas kali ini akan mengupas seputar apa itu jaringan komputer sampai jenis-jenis jaringan begitupun dengan manfaatnya, dan istilah ini sudah sangat sering kita dengan dan tentunya sudah banyak digunakan dalam kehidupan setiap hari.

    Pengertian Jaringan Komputer

    Sebelum masuk pada soal pembahasan mengenai apa saja jenis dan macam jaringan komputer, maka kita sebaiknya mengenal terlebih dahulu pengertian jaringan komputer itu sendiri.

    Jaringan Komputer adalah banyaknya perangkat komputer yang saling terhubung atau bahasa jaringannya adalah terkoneksi antara satu dengan lainnya dan dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi sumber data yang kita gunakan.

    Setiap jaringan pasti mempunyai tanda pengenal yang biasa disebut dengan IP atau Media Access Control (Endpoint), media control itu dapat mencakup jaringan server atau jaringan komputer ataupun juga telepon dan perangkat keras jaringan lainnya atau biasa disebut dengan HUB, jaringan ini bisa dihubungkan dengan dua jenis teknologi saat ini yang sudah berkembang yaitu menggunakan kabel dan wireless.

    Jaringan internet ini bisa bersifat Private ( Pribadi ) atau Public ( Bebas ), sederhananya dalam menggunakan jaringan Private biasanya memerlukan IP khusus statis atau berupa kata sandi yang dimasukan secara manual oleh Administrator server untuk didapatkan hak akses langsung oleh penggunanya, dan untuk jaringan Public seperti halnya internet kalian dan tidak dibatasi siapa penggunanya dalam satu jaringan yang sama.

    Sejarah Jaringan Komputer

    Dalam pertama kalinya dimula dan munculnya ide atau gagasan untuk menggunakan satu komputer yang terhubung bersama dalam satu jaringan diproyeksikan dan dijalankan oleh kelompok riset dari Universitas Harvard di Laboratorium Bell yang diketuai oleh Howard Aiken.

    Pada sekitaran tahun 50-an saat super komputer berhasil diciptakan saat itulah sistem TSS (Time Sharing System) juga ikut ditemukan maka momentum inilah merupakan salah satu sejarah terpentingnya jaringan komputer petama diaplikasikan.

    Beriringan berjalannya waktu pada sekitar tahun 1982 Transmission Control Protocol (TCP) berhasil ditemukan dan kemudian pada tahun 84-an Domain Name System (DNS) juga telah diketemukan, dan hal paling terbesar mengubah dunia pada jaringan komputer yaitu dimana Tim Berners Lee mecetuskan Program World Wide Web (WWW) dan semakin kedepan masa yang semakin maju jaringan komputer mengalami perkembangan yang super pesat hingga munculnya penyedia layaran penyedia jaringan internet, dahulu yang saya ingat adalah Telkomnet Instan.

    Jenis - Jenis Nama Jaringan Komputer 

    Setelah kalian mengerti perkembangan dan sejarah mengenai perkembangan jaringan diatas selanjutnya kita bahas beberapa istilah penamaan pada jaringan Komputer dan fungsi pengertian jaringan tersebut.

    1. Pan ( Personal Area Network )

    Jenis jaringan ini hanya mencakup lokasi terkecil seperti kantol dan rumah, namun biasany hanyak untuk keperluan terhubungnya komputer dan alat output seperti printer dan tidak memiliki dan membutuhkan Bandwith control Acsess yang besar agar berjalannya pada system jaringan ini.

    2. Local Area Network ( LAN )

    Jenis jaringan ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam jangkauan yang relatif sedikit besar namun sifatnya personal dan membutuhkan bandwith sedikit besar untuk menjalankan jaringan ini, contoh penggunaannya pada jaringan LAN ini yaitu pada system jaringan sekolah, kantrol maupun lokasi yang dikehendaki sesuai dengan IP pada jaringan LAN ini.

    3. MAN ( Metropolitan Area Network ) 

    Pada jenis jaringan ini yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dalam ruanglingkup kita pada satu jaringan yang sama sesuai request IP yang dibutuhkan untuk menjalankan jaringan ini, jaringan ini biasa digunakan untuk mengakses satu perusahaan dengan pusat kantor untuk mengetahui dan dapat dikontrol secara menyeluruh semua kegiatan pada perusahaan tersebut.

    4. WAN ( Wide Area Network )

    Wan merupakan sekumpulan dari LAN yang tersebar secara meluas dari segi geografisnya, maka jaringan in cenderung bersifat statis yang biasanya digunakan untuk mesin ATM serta Fream Relaw untuk kenoksi jaringan jarak yang lebih jauh.

    Sedikit Mengenal Topologi Jaringan

    Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tambahan mengenai Topologi atau alur gerak perjalanan sebuah jaringan komputer yang biasa disebut dengan Topologi dan istilah nama Topologi itu sendiri.

    1. Topologi BUS

    Topologi yang memiliki jumlah kabel tunggal yang masing-masing komputer client dan server saling terhubung.

    2. Topologi Ring

    Topologi yang satu ini terbentuk ketika semua prangkat telah terhubung sehingga menyerupai cincin atau berpola jaringan lingkaran, jadi setiap komputer yang terhubung menerima infomasi yang sama dari perangkait lainnya secara massal.

    3. Topologi Star

    Topologi yang berbentuk bintang pada skema jaringan komputer ini memiliki jalur koneksi yang terhubung langsung oleh server atau hub.

    4. Topologi Tree

    Topologi Tree merupakan gabungan dari topologi Star dan Bus, dan skema jaringan ini menyerupai pohon.

    5. Topologi Mesh

    Teori topologi ini dipakai untuk kondisi dimana tidak adanya hubungan koneksi jaringan yang terputus secara konstan dan pasti dalam sebuah jaringan komputer dan terhubung secara langsung selama jaringan masih dalam keadaan Online.

    Penutup

    Semoga adanya artikel ini kalian bisa menemukan arti dan istilah dan pengertian pada jaringan komputer yang biasa kalian gunakan sebagai bahan pembelajaran secara langsung, bisa juga kalian terapkan berbagai macam pengetian diatas untuk sebagai contoh type Topologi yang kalian inginkan, saya undur diri dan jangan lupa share antikel ini dan juga berikan komentar yang terbaik dari kalian agar blog ini semakin maju dan memberikan informasi yang lebih lengkap, terimakasih sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.

    Posting Komentar

    0 Komentar