Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui

 

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
CAPTCHA dan reCAPTCHA

“ Keamanan di bidang TI seperti mengunci rumah atau mobil – tidak menghentikan pelaku kejahatan, namun jika cukup baik, mereka mungkin akan beralih ke sasaran yang lebih mudah.” – Paul Herbka

Kutipan ini menyederhanakan kebenaran penting, terutama mengingat hampir setengah (47,4%) dari seluruh lalu lintas web berasal dari bot. Orang-orang jahat ini terus-menerus melakukan upaya untuk membobol aset digital Anda, dan Anda jelas bukan target termudah! 

Sama seperti Anda mengunci pintu, situs web Anda juga berhak mendapatkan perlindungan. Dan ada jenis pembela khusus yang dapat Anda atur untuk melawan ancaman digital – Captcha. 

Jika Anda terbiasa browsing online, maka Anda pasti sudah berkali-kali menjumpai captcha. Captcha berfungsi untuk melindungi situs web Anda dari penipuan dan penyalahgunaan dengan memutuskan siapa yang akan dimasuki– manusia atau program komputer licik (robot)! Pemilik situs web menggunakan captcha seperti penjaga gerbang virtual untuk menjaga aset digital mereka secara efektif.

Jadi, jika Anda ingin situs web Anda terhindar dari orang jahat, Anda juga harus menggunakan captcha tersebut. Tapi yang mana, reCaptcha atau hCaptcha?

Dalam pertarungan reCaptcha vs hCaptcha ini, kami akan membahas setiap aspek secara mendetail yang akan membantu Anda memutuskan mana yang cukup baik untuk memblokir pembuat onar di situs web Anda. 

Apa itu aktivitas bot berbahaya ?

Robot yang mulai melakukan hal-hal yang tidak seharusnya mereka lakukan adalah bot jahat. Mereka mungkin mengacaukan aturan situs dengan mengabaikan niat pemilik situs atau bahkan mencoba mencuri data penting. Kami menyebut robot nakal ini sebagai bot “jahat”.

Kini, beberapa bot jahat ini membawanya ke tingkat yang parah dan terlibat dalam kejahatan dunia maya. Mereka mungkin mencoba mencuri identitas, mengambil alih akun, dan melakukan segala macam hal gelap. 

Mari kita lihat beberapa jenis aktivitas bot berbahaya :


  • Isian kredensial
  • Pengikisan konten
  • Pembobolan kata sandi
  • Penimbunan persediaan
  • Konten web spam
  • Pemanenan email
  • Klik penipuan dan banyak lagi

Apa yang dimaksud dengan captcha ?

Arti lengkap dari Captcha adalah “Turing Publik yang Sepenuhnya Otomatis”. Fungsi utama Captcha adalah memblokir penipuan (program komputer berbahaya) saat mendaftar atau melakukan aktivitas penyalahgunaan apa pun secara online. 

Sederhananya, captcha seperti tes cepat di situs web untuk menentukan apakah Anda orang sungguhan atau program komputer (Robot). Untuk mengikuti tes dan membedakannya, Anda mungkin diminta melakukan sesuatu yang MUDAH yang dapat dilakukan manusia dengan mudah (tetapi merupakan mimpi buruk bagi bot!) seperti mengklik kotak centang, mengetik karakter, memecahkan teka-teki, dan banyak lagi yang akan kita bahas di bagian ini. bagian berikut. 

Tugas sederhana ini membantu situs web memastikan bahwa Anda adalah orang sungguhan dan bukan robot licik yang mencoba menimbulkan masalah. Jadi, singkatnya, captcha seperti “Penjaga Gerbang Digital” yang bertugas membiarkan orang asli masuk dan mengusir robot. 

Berbagai jenis captcha

Ada berbagai jenis captcha yang tersedia yang menggunakan metode berbeda untuk menantang robot. Berikut beberapa captcha khas yang dapat Anda gunakan :

  • CAPTCHA berbasis gambar: Anda perlu memilih gambar tertentu yang cocok dengan deskripsi/kriteria yang diberikan.
  • Teks CAPTCHA : Anda akan melihat teks terdistorsi/kacau yang perlu Anda pecahkan kodenya dan ketikkan ke dalam kotak teks secara akurat.
  • Audio CAPTCHA : Anda perlu mendengarkan klip audio yang berisi kata atau angka yang diucapkan dan perlu mengetikkan apa yang Anda dengar di kotak tertentu. 
  • CAPTCHA Matematika: Anda perlu menyelesaikan masalah matematika sederhana.
  • Slider CAPTCHA : seret slider ke posisi tertentu atau selesaikan tindakan seperti teka-teki untuk membuktikan bahwa Anda adalah manusia.
  • Centang kotak CAPTCHA : Anda akan diminta mencentang kotak untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot. 
  • NoCAPTCHA reCAPTCHA : Variasi reCAPTCHA di mana Anda hanya perlu mencentang kotak yang bertuliskan “Saya bukan robot.”
  • ReCAPTCHA tak terliha t: Jenis CAPTCHA ini berjalan di latar belakang dan menggunakan analisis perilaku untuk menentukan apakah Anda manusia atau bot. 
  • CAPTCHA 3D : Anda perlu memutar atau memanipulasi objek 3D ke orientasi tertentu.
  • CAPTCHA Media Sosial : Anda perlu memecahkan tantangan terkait media sosial.
  • Game CAPTCHA : Anda perlu memainkan game pendek, memecahkan teka-teki, atau menyelesaikan tugas kecil.
Di antara berbagai jenis captcha ini, Anda dapat menggunakan salah satunya sesuai kebutuhan Anda. 

Sekarang mari kita bicara tentang signifikansinya. Anda sudah memahami mengapa captcha itu penting, berikut alasan lainnya. 

Mengapa Captcha Penting : membedakan bot dan manusia

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
CAPTCHA dan reCAPTCHA

Di era keamanan data yang rentan ini, sangat penting untuk membedakan antara robot dan manusia karena berbagai alasan yang jelas. Robot dapat diprogram untuk melakukan tugas-tugas otomatis seperti peretasan, pengikisan data, spam, dan banyak lagi yang dapat menyebabkan masalah yang tidak terbayangkan.

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa captcha sangat penting :

  • Lindungi situs web Anda dari aktivitas jahat : Dengan mengidentifikasi dan memblokir robot dari situs web, Anda dapat melindungi aset digital Anda dari potensi ancaman seperti spam, peretasan, dan pengikisan data rahasia.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna : Dengan mengurangi spam dan pesan yang tidak diinginkan, robot pemblokiran dapat meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Tingkatkan keamanan : Dengan menghalangi akses bot ke situs web Anda, captcha dapat meningkatkan keamanan situs secara keseluruhan.
  • Perlindungan akun : Captcha membantu mencegah serangan otomatis terhadap akun pengguna.
  • Kualitas Data : Captch dapat membantu menjaga kualitas data yang dihasilkan pengguna yang dapat mendistorsi analisis atau mencemari database.
Jadi, poin utamanya adalah membedakan antara bot dan manusia adalah suatu keharusan demi kesejahteraan online Anda secara keseluruhan.

Sampai saat ini, setelah kita membahas captcha secara umum, mari kita bahas tentang reCaptcha vs hCaptcha.

Apa itu reCaptcha?

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
Apa itu reCaptcha?


reCaptcha adalah teknologi captcha milik Google. Jika Anda menggunakan internet, Anda mungkin sudah sering menemukan Google reCaptcha. 

Biasanya gratis untuk banyak situs web dan aplikasi, namun pengguna perusahaan membayar berdasarkan jumlah captcha yang mereka gunakan. 

Untuk mendeteksi bot, reCaptcha dapat menggunakan beberapa metode, termasuk

  • Kotak centang : Pengguna situs web harus mengklik kotak centang untuk memverifikasi bahwa mereka adalah manusia.
  • Pemilihan gambar : Pengguna perlu memilih gambar tertentu dari sekelompok gambar untuk diverifikasi.
  • Tantangan audio : Perlu mendengarkan rekaman audio dan menyalin kata atau angka untuk memverifikasi.

Bagaimana cara kerja Google reCaptcha ?

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
reCaptcha


Google reCaptcha memeriksa perilaku pengguna situs web untuk menentukan apakah mereka manusia atau program komputer (Robot). Saat seseorang mengunjungi situs web dan jika situs web tersebut menggunakan reCaptcha, layanan mengumpulkan informasi tentang perilaku pengguna seperti pergerakan mouse, pola pengetikan, dan aktivitas lainnya. 

Data yang dikumpulkan ini kemudian diproses oleh Mesin Analisis Risiko

reCaptcha , yang menggunakan algoritme canggih untuk mengonfirmasi apakah pengguna adalah manusia atau bot. Jika algoritme yakin bahwa pengguna adalah manusia sungguhan, barulah algoritme tersebut akan mengizinkan akses ke situs web. 

Di sisi lain, jika algoritme mengidentifikasi pengguna sebagai robot, algoritme tersebut akan memberikan tantangan captcha yang mencegah bot memasuki situs web secara langsung. 

Selain itu, reCaptcha menggunakan sistem penyaringan spam yang didasarkan pada masukan dari jutaan pengguna. Algoritme reCaptcha memanfaatkan umpan balik ini agar menjadi lebih akurat dari waktu ke waktu dan meningkatkan kemampuannya untuk membedakan antara manusia dan robot.

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
CAPTCHA dan reCAPTCHA


Keuntungan menggunakan reCaptcha

  • Nilai merek itu penting. Orang-orang suka menggunakan layanan Google karena popularitasnya yang luar biasa. 
  • reCaptcha kompatibel dengan pembaca layar utama seperti ChromeVox, NVDA, dll untuk pengguna tunanetra.
  • Setelah API dikonfigurasi, pengguna memiliki opsi untuk memilih integrasi sisi klien antara reCaptcha v2 dan reCaptcha v3.
  • Yang terbaik dari semuanya, ia menawarkan penggunaan hingga satu juta penilaian per bulan secara gratis.

Kekurangan menggunakan reCaptcha

  • Tiongkok memblokir Google dan layanannya, sehingga fungsi reCAPTCHA menjadi terbatas, sehingga memengaruhi penggunaannya secara luas di komunitas digital terbesar di dunia.
  • Masalah pelabelan data implisit saat melakukan tugas reCaptcha yang sering kali secara tidak sadar berkontribusi pada inisiatif pembelajaran mesin Google. 
  • Beberapa gambar reCaptcha berkualitas rendah sehingga menyulitkan pengguna tunanetra. 
  • Baik reCAPTCHA v2 dan v3 tidak memiliki fitur dan dukungan yang ekstensif, dengan v3 menjadi versi yang lebih ramah pengguna namun memerlukan biaya yang cukup mahal. 
  • Opsi penyesuaian hanya tersedia untuk pengguna tingkat perusahaan. 
  • reCaptcha sering dianggap tidak mematuhi GDPR.
  • Selalu ada pusing mengenai privasi dan penggunaan data. 
Dalam pertarungan reCaptcha vs hCaptcha, kini saatnya mengetahui pemain lain hCaptcha–

Apa itu hCaptcha?

hCaptcha


Jika Anda bertanya-tanya, 'h' adalah singkatan dari human . hCaptcha adalah alternatif populer untuk reCaptcha Google. Captcha ini menawarkan solusi gratis untuk pelanggan non-perusahaan. 

Biasanya, hCaptcha mengharuskan pengunjung situs untuk memberi label pada gambar, hal ini terlihat jelas karena perusahaan induk hCaptcha adalah organisasi pelabelan gambar, dan vendor data membeli data berlabel yang diambil dari widget. 

Karena prosedur manual ini, hCaptcha menggunakan lebih sedikit data dibandingkan reCaptcha untuk mengoperasikan layanannya, namun hCaptcha juga menggunakan cookie. Identifikasi unik setiap pengguna web disimpan dalam salah satu cookie ini, yang memungkinkan hCaptcha melacak pengguna di seluruh situs web yang menggunakannya.

Bagaimana cara kerja hCaptcha ?

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
cara kerja hCaptcha


hCaptcha mengharuskan pengunjung situs web reguler untuk menyelesaikan tugas klasifikasi gambar secara manual berdasarkan serangkaian gambar. Prosesnya cukup sulit karena tugas pelabelan hCaptcha seringkali lebih sulit dibandingkan reCaptcha. 

Pengguna perusahaan mungkin menggunakan versi captcha yang tidak terlihat, namun tetap mengharuskan pengguna untuk memecahkan teka-teki secara manual jika data pengguna yang dapat dikumpulkan tidak cukup untuk mengidentifikasi apakah pengguna adalah manusia atau robot.

Keuntungan menggunakan hCaptcha

  • hCaptcha menawarkan insentif pengguna potensial bagi mereka yang berhasil menyelesaikan tantangan hCaptcha.
  • Ini mematuhi Bagian 508 dan WCAG 2.1 AA untuk memastikan pengalaman inklusif bagi semua pengguna.
  • Hal ini memastikan penekanan yang kuat pada privasi, memprioritaskan perlindungan dan kerahasiaan data pengguna.
  • hCaptcha memungkinkan penyesuaian menggunakan JavaScript API
  • hCaptcha tersedia di semua negara
  • Gratis untuk digunakan hingga satu juta penilaian per bulan
  • Ada paket pro untuk lebih banyak fitur dan kemampuan.

Kekurangan menggunakan hCaptcha

  • Insentif dan donasi hanya dicantumkan sebagai bagian dari rencana penerbit, namun tidak ada dalam rencana pro dan perusahaan. 
  • Meskipun hCaptcha mengklaim mematuhi Bagian 508 dan WCAG 2.1 AA, tugas berbasis gambar mungkin menimbulkan masalah aksesibilitas. 
  • Karena beberapa gambar berkualitas rendah, menyelesaikan sesuatu bisa jadi lebih sulit. 
  • Perusahaan induk hCaptcha tidak mengungkapkan perusahaan mana yang mendapat manfaat dari pelabelan gambar pengguna.

reCAPTCHA vs hCAPTCHA : Perbedaan Utama

Di bidang teknologi Captcha, reCAPTCHA dan hCAPTCHA adalah dua nama yang menonjol. Meskipun tujuan intinya sama, ada perbedaan utama antara keduanya yang patut dipertimbangkan saat Anda memutuskan mana yang akan digunakan. 

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
reCAPTCHA dan hCAPTCHA


Pengembangan & Kepemilikan

  • reCaptcha: Produk Google dan salah satu sistem CAPTCHA yang paling dikenal luas. Pengembangannya memanfaatkan keahlian Google dalam pembelajaran mesin dan teknologi AI.
  • hCaptcha: hCaptcha dimiliki oleh Intuition Machines, sebuah perusahaan yang berfokus pada AI dan pembelajaran mesin. Ini memberikan alternatif untuk reCaptcha.

Fokus Privasi

  • reCaptcha: Perusahaan ini menimbulkan kekhawatiran tentang privasi & keamanan data, karena perusahaan ini mengumpulkan aktivitas pengguna untuk meningkatkan model pembelajaran mesinnya. Beberapa pengguna mungkin merasa praktik ini tidak nyaman.
  • hCaptcha: hCaptcha berfokus pada privasi pengguna dan telah menerapkan standar untuk meminimalkan pengumpulan data. Ini berupaya untuk menyeimbangkan pencegahan bot dan perlindungan data pengguna.

Pengalaman pengguna

  • reCaptcha: reCaptcha mudah digunakan. Tantangannya sering kali mencakup memilih gambar atau memecahkan teka-teki. Ia juga memiliki opsi “ReCaptcha Tak Terlihat”, yang mendeteksi robot di latar belakang tanpa tindakan pengguna.
  • hCaptcha: hCaptcha memberikan berbagai tantangan seperti mengidentifikasi objek dalam gambar atau memecahkan teka-teki. Ini berupaya menciptakan tantangan menarik yang tidak terlalu membosankan bagi pengguna.

Aksesibilitas

  • reCaptcha: Menawarkan tugas audio untuk pengguna penyandang disabilitas. Namun, beberapa tantangan yang bersifat visual mungkin masih mempersulit aksesibilitas.
  • hCaptcha: hCaptcha sangat menekankan pada aksesibilitas, dengan fokus memastikan bahwa tantangan bersifat inklusif dan dapat diselesaikan dengan mudah oleh pengguna penyandang disabilitas.

Kustomisasi dan Branding

  • reCaptcha: reCaptcha dapat disesuaikan sampai batas tertentu, namun pembentukannya terkait erat dengan merek Google, yang mungkin tidak selaras dengan merek semua situs web.
  • hCaptcha: hCaptcha memungkinkan penyesuaian ekstensif, memungkinkan situs web menyelaraskan desain Captcha dengan merek mereka secara lebih efektif.

Opsi Monetisasi

  • reCaptcha: reCaptcha tidak menyediakan opsi monetisasi langsung untuk pemilik website.
  • hCaptcha: hCaptcha menawarkan opsi monetisasi yang memungkinkan pemilik situs web memperoleh pendapatan dengan menggunakan solusi Captcha di situs web mereka.

Pembangunan dan Integrasi

  • reCaptcha: reCaptcha telah ada sejak lama dan telah menjalin integrasi dengan berbagai platform.
  • hCaptcha: hCaptcha relatif baru namun mendapatkan daya tarik dan memperluas integrasinya. Namun, ekosistemnya mungkin tidak seluas ekosistem Google.

hCAPTCHA vs reCAPTCHA: Mana yang tepat untuk Anda?

Pertama-tama, memilih antara reCaptcha dan hCaptcha agak sulit, tetapi itu tergantung pada tingkat kebutuhan Anda. 

Kedua captcha ini mampu, dan masing-masing memiliki fitur dan manfaat uniknya sendiri dalam melindungi situs web Anda dari aktivitas jahat apa pun. Dan keputusan Anda untuk memilih antara hCaptcha dan reCaptcha harus dibuat berdasarkan kebutuhan situs web Anda. 

Namun, sebelum memilih captcha, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal penting seperti masalah kepatuhan, privasi dan keamanan, aksesibilitas, dan banyak lagi seperti yang telah kita bahas di atas. 

Dan jika Anda mencari plugin formulir kontak WordPress dengan captcha dan ingin mencoba reCaptcha dan hCaptcha dalam satu platform, jangan lewatkan bagian berikutnya.

Plugin formulir kontak WordPress dengan captcha

Fluent Forms adalah plugin pembuat formulir WordPress tangguh yang berupaya memberikan yang terbaik dalam mengamankan data dan privasi pengguna. Untuk memastikan pertahanan yang layak terhadap kejahatan dunia maya apa pun, ia menggunakan perlindungan Captcha tingkat lanjut seperti Google reCaptcha, hCaptcha, dan Turnstile. 

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
Fluent Forms


Fluent Forms memberdayakan situs web Anda dengan pembuatan formulir yang mudah digunakan dan pencegahan spam. Pembuat drag-and-drop yang mudah, dikombinasikan dengan dukungan Captcha, memastikan komunikasi yang aman sambil mempertahankan pengalaman pengguna yang luar biasa. 

Dari perolehan prospek hingga keterlibatan pelanggan, Formulir Lancar menyederhanakan interaksi Anda, menjadikannya alat penting untuk meningkatkan interaksi pengguna dan pengumpulan data di situs WordPress Anda.

Untuk mengaktifkannya, pertama-tama Anda harus masuk ke akun di situs web mana pun yang ingin Anda gunakan, baik Anda menggunakan hCaptcha atau reCAPTCHA. Selain itu, Anda dapat memperoleh pengalaman aman bebas captcha dengan Pintu Putar .

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan reCaptcha, Anda akan diminta untuk memilih dari 2 opsi :

  • kotak centang v2 reCAPTCHA (Terlihat)
  • v3 reCaptcha (ReCaptcha tidak terlihat)
Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
Fluent Forms


Baik Anda menggunakan Fluent Forms versi GRATIS atau PRO, Anda selalu memiliki opsi untuk menambahkan tingkat pertahanan tambahan untuk menyelamatkan Formulir WordPress Anda dari Spam .

Dapatkan Fluent Forms Versi Pro | Link

Create Powerful Forms for Every Need

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
Powerful Forms for Every Need


All the features you need to build an online form

Perbedaan CAPTCHA dan reCAPTCHA yang Perlu Kalian Ketahui
Build an online form

Penutup

Dalam lanskap privasi dan keamanan online yang dinamis ini, pilihan antara reCaptcha dan hCaptcha sangatlah rumit. Dalam artikel reCaptcha vs hCaptcha ini, kami mencoba sebaik mungkin untuk membantu Anda memahami bahwa keputusan bergantung pada kebutuhan spesifik situs web Anda seperti masalah privasi, kualitas data, sasaran pengalaman pengguna, dll. 

Namun, hal baiknya adalah tujuan utama kedua captcha adalah untuk memperkuat pertahanan Anda terhadap ancaman digital.

Dan jika Anda mencari plugin formulir kontak WordPress dengan captcha, maka Fluent Forms bisa menjadi solusi utama Anda untuk perlindungan captcha yang lancar dan ampuh di WordPress. 

Posting Komentar

- Gunakan Komentar Yang Baik
- Dilarang Spam Link Dalam Bentuk Apapun
- Blog Wallking Monggo..!!
- Gunakan Link Mati Untuk Blog Wallking

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak