Subscribe Us

Apa Itu FTP ? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan dan Cara Kerjanya

    FTP memiliki peranan penting dalam pertukaran informasi dalam satu komputer. Tanpa adanya FTP, tidak akan ada yang namanya mengunduh, mengunggah, browsing, dan menonton video. Jika kamu belum tahu apa pengertian dan bagaimana cara kerjanya, mari simak penjelasannya berikut ini.

    Apa Itu FTP

    File transfer protocol( FTP) ialah protokol yang bertugas buat menjembatani pertukaran data di dalam sesuatu pc. Bila kalian mengunduh serta mengunggah file, sehingga seluruh kegiatan tersebut dicoba dengan terdapatnya dukungan FTP. 

    2 hal terpenting dalam FTP yaitu FTP server serta FTP client. FTP server merupakan server yang melaksanakan aplikasi dengan guna membagikan layanan ubah mengubah file yang senantiasa siap apabila terdapat permintaan dari FTP client. 

    Sebaliknya yang diartikan dengan FTP client merupakan pc yang kalian pakai buat melaksanakan bermacam kegiatan. Pc kalian selaku FTP client haruslah tersambung dengan FTP server buat dapat mengubah file serta melaksanakan kegiatan semacam unduh, upload, rename, delete, serta sebagainya. 

    Kelebihan FTP

    FTP merupakan sebuah protokol yang memberikan alur perjalanan pertukran dari informasi didalam satu PC ke PC lain, beitu juga pastinya ada kelebihan, yaitu : 

    1. Memiliki Sistem keamanan yang terencripsi pada suati jaringan yang sedang digunakan, dan tidak perlu takut dengan adanya peretasan atau pengambilan data pribadi yang sedang dikirim.

    2. FTP juga memiliki Fungsi sebagai penyimpanan data anda, dimana data ini yang biasanya akan terjadi keghilangan ataupun terhapusnya secara tak terduga oleh komputer atau perangkat elektronik lainnya.

    3. FTP seperti pada namanya yaitu File Transfer Protokol, dimana hal ini dapat memungkinkan kalian melakukan perpindahan data secara cepat berupa file data apapun yag kalian inginkan, tentunya aman bagi pengguna karena sudah memiliki pelindung data scurity baik pada saat mengirim data ataupun menerima data.

    4. Transfer data menggunakan FTP sangat mudah dan tidak membutuhkan tenaga untuk memindahkan data dalam banyak format file.

    5. Dapat juga digunakan sebagai Remote Computer pada saat menggunakan FTP system ini.

    Kekurangan

    Dalam sebuah kelebihan tentu saja ada kekurangan, seperti berikut ini : 

    1. Sangat bergantung pada keamanan system encripsi, tanpa adanya keamanan tersebut file dapat dicuri dan disalah gunakan.

    2. Kesalhan yang biasa diterima administrator yang terlalu sering terjadi, maka sulit memahami informasi yang telah di terima tersebut.

    3. Design jaringan atau biasa disebut Topologi yang begitu rumit dengan adanya Scurity data maka ini membuat minimnya informasi tentang risike yang akan terjadi kedepannya.

    Cara Kerja FTP

    Untuk melakukan pertukaran data baik mengunduh atau mengupload data yang akan dieksekusikan penerima, tentu saja ini mengandalkan autentifikasi atau persetujuan yang memiliki system sangat standart yaitu untuk memasukan Usarname dan Password untuk bisa mendapatkan datanya.


    Password dan Username tersebut akan menjadi pinti awal akses data dari penerima dan pengirim data tersebut didalam system ini, dengan adanya username dan password yang di buat FTP anda semua bisa melakukan perpindahan penyalinan dan membuat begitupun menghapus file atau data yang ada didalam direktori folder digital penyimpanannya.

    FileZilla : Download | 11 MB

    Penutup

    Dari adanya FTP ini yang dapat kita gunakan untuk melakukan pengiriman data secara baik dan inventory file secara digitalisasi yang bisa kita andalkan, karena hal inilah akan membuat semua pekerjaan yang membutuhkan inventory tersusun baik, dan dapat digunakan lagi pada waktu yang kita mau, sekarang sudah paham kan kegunaan dan manfaat baik perbedaan dan kelebihan dari sebuah FTP yang digunakan.

    Posting Komentar

    0 Komentar