Subscribe Us

Tips Terbaik Memilih Nama Domain

    LastYoungBoy - Sebelum kalian memiliki sebuah nama domain pada blog, kalian harus tau bagian atau komponen pada sebuah blog atau website itu sendiri yang sudah dibangun oleh seseorang atau kalian sendiri, dari situ kita bisa memahami komponen sebuah website tersebut untuk kemudian memilih nama yang tepat untuk sebuah website atau blog.

    Hal yang pertama dari sebuah website/blog yang harus diketahui adalah sebagai berikut : 

    Title 

    Title adalah judula atau penamaan dari website yang dibangun seseorang atau anda sendiri, letaknya dibagian atas web browser pada komputer saat membuka internet

    Nama Domain 

    Nama domain adalah sebuah penamaan untuk website/blog kalian sendiri walaupun nama asli dari sebuah website/blog adalah berupa IP Address yang berupa nomor acak yang unik, nama domain disewa dan diperpanjang seiring jalannya website tersebut, kadang kala nama domain dibuat untuk mewakilkan branding produk atau prusahaan yang memiliki website resmi.

    Alamat URL

    URL

    URL kepanjangan dari Uniform Resource Locator, dari sebuah halawan website digambarkan adalah sebuah rumah maka URL adalah alamat rumah tersebut.

    Header/Footer

    Header & Footer Web

    Pada sebuah website bagian atas biasanya terdiri dari sebuah Logo atau penamaan atau bisa juga tempat untuk menyisipkan gambar iklan dan juga bisa menampilkan identitas sebuah situs tersebut, untuk bagian bawah website/blog biasa disebut dengan Footer biasa digunakan untuk menavigasi dan memberikan nilai estekita sebuah website yang terdiri dari Alamat pendiri situs atau perusahaan.

    Konten

    Konten Website

    Jelas dari Namanya saja sudah pasti kalian tahu, bahwa dari sebuah website atau blog yang dibangun akan ada dibagian tengah website yang berisi penjelasan dari sebuah isi website yang disebut konten, konten ini yang mewakili arah dan tujuan terbentuknya website baik untuk prusahaan atau pribadi seperti blog Last Young Boy ini.

    Dan masih banyak komponen lain dari sebuah website atau blog seperti Widget, Sidebar, Navbar, Menu, Form pada blog atau website, dan lain sebagainya yang biasa digunakan pada blog ini. 

    Dari semua keterangan mengenai komponen sebuah website yang sudah saya jelaskan diatas ada baiknya kita wajib mengenail Fungsi domain sebelum memilih dan memiliki nama domain blog kalian sendiri.

    Mari kita bahsa satu-persatu : 

    Apa Itu Domain

    Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengindetifikasi server komputer agar lebih mudah untuk diingat dari pada menggunakan IP Address untuk mengakses sebuah laman internet. 

    Fungsi Domain

    Fungsi domain adalah untuk memudahkan pengguna yang terhubung pada jaringan internet untuk melakukan pengaksesan atau penelusuran suatu website atau blog.

    Pentingkah Domain? 

    Untuk sebuah website domain itu sangat penting penggunaannya bisa untuk memngun branding sebuah perusahaan atau bisnis kalian, mengetahui jenis website dari domain web tersebut seperti website pemerintahan dan pendidikan yang berakhiran .gov dan .ac.id yang tentu saja sebagai identitas kepemilikan sebuah website.

    Web Hosting Untuk Domain? 

    Untuk hosting dari sebuah domain yang kita gunakan bisa kalian memilih dari yang terbaik segi harga dan fasilitas, tentu saja semua didasari dengan perencanaan yang tepat, tentu web hosting sudah menjelaskan fasilitas yang diberikan untuk domain yang kalian beli, seperti halnya spesifikasi komputer didalam paket pembelin, nama  penyedia Hosting yang rekomendari dari saya sebagai berikut : 

    - Niagahoster
    - Hostinger ID
    - Kinsta
    - Rumahweb
    - IDwebhost
    - DomainNesia

    Dari nama penyedia Hosting yang saya berikan tersebut, bisa dipilih dan membeli sesuai dengan kebutuhan website yang dibangun, baik memilih domain yang disesuaikan dan nama domain yang recomendasi secara otomatis dari penyedia Hosting tersebut.

    Memilih Nama Domain

    Ini adalah inti dari pembahasan kita pada artikel yang saya buat setelah kalian memahami komponen dan Hosting ataupun Domain, tips yang perlu diperhatikan untuk memilih nama domain yang terbaik.

    1. Pastikan Nama Domain Relevan Dengan Konten Untuk Blog.

    2. Domain Sebaiknya Tidak Lebih Dari 15 Karakter.

    3. Cek Harga Domain Sebelumnya.

    4. Gunakanlah Domain TLD seperti (.com atau.id) Agar Terkesan Serius dan Profesional Dalam Penggunaan Website Tersebut.

    5. Usahakan Nama Domain Yang Mudah Diingat Dan Menarik.

    6. Disarankan Dalam Satu Kata Untuk Penamaan Domain.

    7. Hindari Angka Dan Simbol Untuk Nama Domain.

    8. Pilih Penyedia Domain Terbaik.

    Penutup

    Itulah Tips memilih nama domain yang bisa saya bagikan kepada kalian semua, semoga dari artikel ini bisa membuat perencanaan anggaran dan nama domain website atau blog yang bagus untuk meningkatkan daya pengunjung untuk menjadikan lahan bisnis yang tepat untuk kalian semua, jangan lupa nantikan artikel-artikel menarik lainnya, dan berikan tanggapan kalian pada kolom komentar dibawah artikel ini, terimakasih telah berkunjung.

    Posting Komentar

    0 Komentar