Subscribe Us

Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Blog atau Website

    Belajar membuat aplikasi pada software android studio memanglah susah, namun untuk kali ini saya telah merangkum dan menggunakan bahasa sederhana mengulas cara membuat aplikasi android untuk blog dengan sederhana dan tidak lupa juga memasukan atau memasang slot iklan Admob yang akan saya terapkan pada aplikasi android yang kita buat ini.

    Kalian wajib mengikuti atau menerapkan pada software android studio yang kalian gunakan dengan begitu kalian bisa membuat atau bahkan mengimprovisasi aplikasi yang kalian buat sendiri, sebagian cara saya ini adalah hanya basic saja yang bisa kalian jadikan pembelajaran atau bisa jadi peminatan akan hal app builder pada OS Android. 

    Sebelum kalian memulai membuat satu project aplikasi dengan menggunakan software Android Studio, ada beberapa hal yang kalian perlukan yaitu : 

    1. Instal Android Studio - Sebelum kalian membuat aplikasi tersebut, sudah pasti kalian harus menginstal Android Studio terlebih dahulu, untuk cara instal dan tempat download kalian bisa klik DISINI.

    2. Spesifikasi Komputer - Untuk spesifikasi minimum yang saya rekomendasikan adalah RAM sebesar 8GB untuk minimal 4GB karena proses load script yang lumayan berat harus memerlukan memory komputer yang cukup.


    Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Blog - [ Lengkap Admob ]

    Saya anggap semua sudah ready dan siap untuk pembuatan aplikasi, kemudian langkah yang harus kalian lakukan adalah : 

    - Buka Android Studio yang sudah diinstal pada Komputer/Laptop kalian, dan kalian pilih Create New Project. 

    - Pada menu Template Project, kalian bisa pilih Empty Activity setelah itu klik Next.

    -  Kemudian akan muncul Configure Your Project pada kolom Name kalian bisa ganti nama dengan apapun yang akan menjadi nama aplikasi yang akan kita buat. 

    - Pada kolom Package Name secara otomatis akan mengisi sesuai nama yang kalian masukan, untuk Save Location biarkan saja, itu adalah letak project aplikasi yang tersimpat di dalam komputer kalian. 

    - Pada kolom Language ganti menjadi JAVA saja, dan Minimum SDK nya ganti menjadi API 21: Android 5.0 ( Lollipop ),  lalu klik Finish. 

    - Tunggu hingga proses Build software Android Studio selesai dan siap untuk di operasikan seperti tampilan dibawah ini : 


    Membuat Aplikasi

    Yang kita gunakan hanya 6 Root terpenting pada Android Studio tersebut, yaitu  Directory AndroidManifest.xml, Directory MainActivity pada Root Java dan activity_main.xml pada Root Layout didirectory Rest dan yang terakhir Root network_security_config.xml, string.xml untuk memasukan kode iklan dan yang lain mengikuti langkah yang saya berikan disini.

    Untuk Semua Script yang di perlukan sudah saya sediakan dan kalian tinggal copy paster pada Root yang saya sebutkan diatas, untuk download bisa Download Script.

    1. Pada directori app terus masuk folder manifest masukan AndroidMnifet Script pada AndroidManifest.xml, sudah dipastikan akan muncul 3 tulisan merah yang harus kalian perbaiki, yang pertama pada Code package="com.lastyoungboy.lastyoungboyapp"> ganti dengan nama aplikasi kalian pada akhir Code tersebut, gunakan CTRL+Z untuk melihat Code sebelumnya. 

    2.    Lanjut ke folder Java lalu buka foldernya nanti akan muncul directory MainActivity, dan masukan Script yang sudah saya sediakan, teliti lagi Code yang sebelumnya yaitu Package com.xxxxx.nama aplikasi kalian.

    3.  Cara diatas masih ada beberapa Code yang berwarna merah, karena ada directory dan code yang belum di masukan dan dibuat, lanjut ke folder Res dan buka folder Layout maka akan berisi directory activity_main.xml masukan script lagi yang sudah disediakan, maka akan bnyak code yang berwarna merah, karena masih belum selesai untuk kita masukan script dan directory iklan tersebut pada aplikasi yang sedang dibuat.

    4.  Setelah itu kita lanjut ke folder values dan masuk ke strings.xml, sama seperti yang lain untuk memasukan kode yang sudah di sediakan.


    5.  setelah itu kita buat folder XML pada Directory Res dengan cara Klik Kanan Res lalu arahkan mouse ke New lalu Klik Directory, maka folder muncul, kemudian buat Resource nework dengan cara Klik kanan XML lalu arahkan ke New kemudian klik XML Resource File, dan berinama  network_security_config.xml dan isikan script yang sudah disediakan seperti gambar dibawah.



    6.  Masukan script Gradle untuk kemudian kalian klik Sync Now pada Atas Kanan Pojok Android Studio, Download Script Gradel Disini, untuk memasukannya kalian ke folder paling bawah pada Android Studio lalu menuju Gradle Script yang berlogo Gajah kemudian ke directory Build.Gradle yang kedua, masukan disitu, tunggu proses Sync selesai, maka pada Directory activity.main.xml scriptnya tidak lagi berwarna merah seperti pada gambar dibawah. 


    Setelah semua dirasa sudah sama dan dipastikan Code script tidak ada yang berwarna merah, maka sudah dipastikan aplikasi yang kita buat bersama-sama ini sudah siap diinstal atau dibuat APK nya dan siap digunakan, oiya untuk kode iklan sudah pastinya kalian memiliki akun google Admob sebelumnya dan siap menayangkan iklan yang akan kita gunakan pada aplikasi Webview ini. 

    Sebelum kalian menggunakan Kode Iklan Admob nya, alangkah baiknya kalian menggunakan kode penguji iklan Admob yang disediakan oleh Google Admob untuk mencoba aplikasi yang sudah kalian buat sendiri, untuk pertanyaan mengenai aplikasi diatas bisa kalian pertanyakan pada kolom komentar dibawah artikel ini. 

    Penutup

    Cara diatas hanyalah ilmu basic yang saya pelajari diinternet, maka saya rasa kalian sendiri bisa mengembangkan ilmu basic ini sebagai acuan peminatan menjadi builder aplikasi android yang lebih baik dari saya ini, terimakasih telah membaca dan menerapkan cara membuat aplikasi android untuk blog ini dengan lengkap, saya undur diri dan nantikan artikel menarik lainnya, jangan lupa share artikel ini terimakasih.

    Posting Komentar

    0 Komentar