Kamus Dalam Dunia Peretasan Atau Hacking Dictionary

 

Hacking Dictionary

Intro

Mungkin kalian sudah pernah mendengaar atau pernah tahu istilah dari Hacking atau Hacker dalam dunia peretasan, atau mungkin kalian masih banyak istilah asing yang belum pernah tahu dalam dunia peretasan atau hacking, nah kali ini saya akan membagika istilah atau Kamus Dalam Dunia Peretasan atau bisa dikatakan dunia Hacking.

Istilah pada Kamu Dunia Peretasan termasuk Singkatan, Teknik Peretasan akan saya berikan di bawah ini yang sudah saya susun sesuai yang saya tahu selama ini, mengawali artikel ini kita mulai membahas dari "Singkatan" terlebih dahulu.

Singkatan


DDoS Atau Distributed Denial of Service adalah metode lain seperti DNS untuk memalsukan serangan agar terlihat seperti berasal dari beberapa IP.

FTP = File Transfer Protocol

FTP atau File Transfer Protocol istilah ini sering digunakan untuk mentransfer file atau data melalui server FTP.

Hex = Dalam Ilmu Komputer, bisa disebut dengan Heksadesimal mengacu pada bilangan basis 16, ini adalah angka yang menggunakan angka dengan rentang : 0123456789ABCDEF, dalam bahasa pemrograman C ( JAVAScript, C++ dan Lainnya) bilangan heksadesimal diawali dengan 0x, dengan cara ini dapat diketahuibahwa angka 0x80 setara dengan 128 desimal, bukan 80 desimal.

HTTP = Hyper Text Transfer Protocol adalah landasan kemunikasi data untuk mengakses atau menghubungkan Website dengan WWW atau World Wide Web.

IRC = Internet Relay Chat istilah untuk mengirim pesan teks secara Real Time antar pengguna yang sedang Online atau secara aktif terhubung dengan Internet.

JDB = Java Drive By, eksploitasi berbasis web yang sangat umum sekali digunakan untuk memungkinkan penyerang mengunduh dan mengeksekusi kode berbahaya secara lokal di mesin korban melalui celah kemanan kerentanan Java yang diketahui secara luas. 

Malware = Malicious Software atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan Perangkat Lunak Berbahaya atau bisa disebut juga Software Berbahaya.

Nix = Sistem Operasi Berbasis Unix, biasanya mengacu dengan DoS

POP3 = Ini adalah Protokol paling populer untuk mengambil email dari server

RAT = Remote Administration Tools

SDB = Silent Drive By, menggunakan eksploitasi berbasis web zero day untuk mengunduh dan mengeksekusi kode berbahaya secara tersembunyi dan tidak terdeteksi atau tidak muncul pesan eror pada sistem korban.

SE = Social Engineering

Skid =Script Kid/Script Kiddie

SMTP =A TCP/IP protocol used in sending and receiving e-mail.

SQL =Structured Query Language. It's a programming language, that used to communicate with databases and DBMS. Can go along with a word after it, such as "SQL Injection."

SSH =Secure Shell, used to connect to Virtual Private Servers.

TCP = Transmission Control Protocol, creates connections and exchanges packets of data.

UDP =User Datagram Protocol, An alternative data transport to TCP used for DNS, Voice over IP, and file sharing.

VPN =Virtual Private Network

VPS =Virtual Private Server

XSS (CSS) = Cross Site Scripting

Kata-kata

Algoritma = Serangkaian langkah yang menentukan tindakan mana yang harus diambil dan dalam urutan apa.

ANSI Bomb = Perintah pemetaan ulang kunci ANSI.SYS terdiri dari teks tampak samar yang menentukan, menggunakan kode numerik ansi untuk mendefinisikan ulang kunci.

BackDoor = Sesuatu yang ditinggalkan oleh peretas di sistem agar dapat masuk kembali di lain waktu.

Biner = Sistem penomoran di mana hanya ada dua kemungkinan nilai untuk setiap digit: 0 dan 1.

Black Hat = Seorang peretas yang melakukan tindakan ilegal yang berkaitan dengan peretasan online. (Orang jahat, itu sendiri)


Blue Hat = Peretas topi biru adalah seseorang di luar perusahaan konsultan keamanan komputer yang terbiasa menguji bug suatu sistem sebelum diluncurkan, mencari eksploitasi sehingga dapat ditutup. Microsoft juga menggunakan istilah BlueHat untuk mewakili serangkaian acara pengarahan keamanan.

Bot = Sepotong malware yang menghubungkan komputer ke penyerang yang biasanya menggunakan protokol HTTP atau IRC untuk menunggu instruksi jahat.

Botnet = Komputer yang terinfeksi oleh worm atau Trojan dan diambil alih oleh peretas dan dibawa ke jaringan untuk mengirim spam, lebih banyak virus, atau meluncurkan serangan penolakan layanan.

Buffer Overflow = Eksploitasi klasik yang mengirimkan lebih banyak data daripada yang diharapkan diterima oleh programmer. Buffer overflow adalah salah satu kesalahan pemrograman yang paling umum, dan kesalahan yang paling mungkin lolos dari kualitas.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan mengenai Sitilah Dalam Dunia Peretasan Atau Hacking Dictionary beserta penjelasan singkatnya, nantikan artikel menarik lainnya atau kunjungi Peta Situs kami untuk melihat artikel lainnya, terimakasih.

Posting Komentar

- Gunakan Komentar Yang Baik
- Dilarang Spam Link Dalam Bentuk Apapun
- Blog Wallking Monggo..!!
- Gunakan Link Mati Untuk Blog Wallking

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak