Subscribe Us

Harddisk, DVD, CD, USB Flashdisk

    Dari nama judul artikel ini pasti kalian sudah tidak asing lagi akan kegunaannya, mungkin juga masih banyak yang belum tahu akan fungsi dari perangkat keras diatas, maka dari itu artikel ini sengaja saya buat untuk anda yang belum tahu fungsi dari semua perangkat tersebut, termasuk merk terbaik, kapasitas, dan kecepatan akses yang bisa kita beda pada artikel kali ini. 

    Untuk hal yang pertama kita bahas adalah Harddisk, mungkin semua pengguna komputer baik yang aktif ataupun pasif sudah tau benda ini dan bentuknya, dari sekian banyak merk yang kita tahu pasti sudah tidak asing dengan beberapa merk terkenal yang biasa memproduksi harddisk dalam kapasitas terntentu, dari sekian banyaknya tentusaja spesifikasi juga mempengaruhi harga jual di pasaran, simak baik-baik hal mengenai harddisk ini. 

    1. Harddisk

    Harddisk saat ini sudah menjadi kewajiban bagi pengguna komputer ataupun komputer itu sendiri dan sudah tentu berbagai macam merk dan spesifikasi terdapat didalamnnya, mari kita bahas bersama-sama.

    Harddisk Laptop

    Harddisk Laptop berukuran 2.5" ( Inch ) yang berfungsi sama seperti harddisk pada komputer Desktop atau PC ataupun CPU, namun yang membedakan biasanya ialah kecepatan akses dan ukurannya sudah tentu, dari segi ukuran yang hanya 2,5" ( Inch) tersebut memungkinankan laptop dengan design yang minimalis tersebut masuk kedalamnya, namun tidak jarang juga komputer desktop atau CPU menggunakan harddisk 2,5" tersebut. 

    Hardisk Laptop

    Dari segi ukuran kapasitas bisa disamakan atau digunakan sesuai kebutuhan anda, atau biasanya setiap pembeli 1 unit laptop kalian mendapatkan kapasitas yang sudah tersedia dalam paket pembelian sesuai dengan spesifikasi yang tertera dalam penjualan, pada umumnya spesifikasi Core i3 dari bebagai generasi mendapatkan kapasitas sebesar 500GB, dan untuk Celeron sampai Dual Core mendapatkan kapasitas 250-320 GB. 

    Harddisk CPU / Desktop

    Dalam dunia komputer tentu saja harddisk sangat dilirik dari segi kapasitas dan merk, tentu saja dua kriteria ini menjadi acuan untuk menentukan harga untuk merakit sebuah komputer, bagi kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah IDE, Satta, Master, Slave. 

    Hardisk CPU

    Istilah tersebut biasanya akan muncul seiring perkembangan jaman dunia komputer, untuk saat ini sering kita temui yaitu satta, dalam evolusi hardisk IDE adalah generasi pertama untuk type data dan power yang digunakan, biasanya ini memiliki kekurangan yaitu daya yang digunakan biasanya lebih besar dan otomatis boros listrik, kemudian berkembanglah type Satta yaitu colokan baik system dan power yang lebih kecil maka penggunaan daya listrik yang diputuhkan pada satta ini otomatis semakin kecil. 

    External dan Internal Hardisk

    Istilah ini mengacu pada fungsi yang biasanya kita gunakan, namun kebanyakan masih belum mengerti apa arti dari Hardisk Internal dan Hardsik External, pada kenyataannya semua itu bertujuan untuk hal yang nyaris sama yaitu kapasitas penyimpanan, namun bedanya untuk Internal bisa digunakan baik untuk System Windows ataupun juga penyimpanan data yang kita gunakan pada saat menggunakan komputer tersebut, untuk external harddisk sudah tentu digunakan untuk data penyimpanan besar dan cenderung mobile atau bisa dibawa kemana saja.

    Internal External Hardisk

    Dalam kondisi tertentu banyak penggua harddisk external menyimpan data yang tidak sedikit diatas 40GB, dan sudah tentu kasitas tersebut sebanding dengan bentuk yang besar, namun adakalanya juga harddisk internal bisa melebihi kasitas penyimapanan tersebut namun dibagi menjadi dua fungsi yang sudah saya jelaskan yaitu untuk system Windows dan Data penyimpanan saat membuat file di komputer.

    Hardisk External memiliki future pengamanan yang baik, dari sektor anti guncang, sampai mungkin waterproof, dari fiture ini sangat dibutuhkan sekali dikala harddisk ini mobile setiap anda menggunakannya, karena kesalahan yang mungkin tidak kita sangka akan selalu terjadi. 

    Merk Harddisk Terbaik

    Untuk saat ini merk harddisk baik itu External dan Internal yang saya percaya tetap di pegang Seagate Baracuda, karena merk tersebut cukup kuat dan tahan lama dalam penggunaan rutin saya, tentu saja alsan saya menggunakan merk ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri yang sudah memakai merk tersebut, untuk merk lain sebagai Optional kedua yaitu Western Digital ( WD ) merk ini juga saya gunakan kedalam PC rakitan saya sendiri atau rakitan pelanggan saya, karena disamping harga yang kompetitif juga kapasitas yang besar namun murah, anda bisa memilih Western Gigital Blue. 

    Western Digital yang berkode Blue label biasanya diartikan sebagai harddisk hasil daur ulang, namun jangan dilihat dari daur ulangnya saja, setiap parikan pasti memiliki standarisasi pendaur langan barang yang menghasilkan kualitas sama baiknya dengan type harddisk yang lain. 

    Untuk kemudian bisa dilihat dari kecepatan akses, pada umunya yang saya dapatkan pada kecepatan sekitar 5200 sampai 7200 Rpm, semakin besar kecepatan akses maka akan semakin besar pula konsumsi daya pada sembuah komputer, termasuk laptop yang akan menggunakan baterai lebih kecil, tentu saja semakin besar kecepatan akses akan mempengaruhi harga jual hardisk tersebut. 

    2. DVD

    Dvd akan bebeda makna dalam dunia komputer dan tentu saja fungsinya, dvd ada dua type yang membedakannya, yaitu DVD kepingan dan juga DVD Rom. 

    DVD Rom

    Untuk DVD kepingan tentu saja kalian sudah tau, bisa juga digunakan untuk jadi backup data external juga bisa untuk diperjual belikan seperti penjual Film DVD baik bajakan maupun yang asli, untuk kepingan DVD biasanya dijual satu paket berisi 50-100 keping dalam 1 box bulat, kapistas biasanya 7 GB ( GigaByte ). 
    Kepingan DVD

    Untuk DVD Rom sebagaimana fungsinya yaitu untuk media penginputan, baik memutar film, musik, foto, dan lain sebagainya, ini adalah sebuah media atau alat untuk measukan data kedalam komputer sebagai pembaca file yang dikehendakinya tentu saya disini adalah DVD. 

    Merk Terbaik

    Untuk DVD Rom yang terbaik bagi saya adalah yang pertama jatuh kepada Samsung yang sudah umum kita kenal di dunia komputer, namun masih banyak lagi merk yang terbaik lainnya yaitu Plextor, Asus, Hp, Lenovo, Lite On, LG.

    Ada dua merk terkenal dan cuku bandel unuk melakukan Burning ke DVD atau ke CD baik untuk buat isi file atau buat Bootable Windows, yaitu Lenovo, LG dan Samsung yang biasa saya gunakan, cukup kuat dan tahan lama continue burning data kira-kira 100an GB dalam 8 Keping DVD disatu hari yang sama, karena waktu itu ada pelanggan minta backupdata yang ingin di kirimkan ke daerah lain, menggunakan kepingan DVD karena mau upload data ke Cloud Storage terganja dengan kecepatan internet yang terbatas, untuk external pernah juga saya gunakan untuk hal yang sama, backup data di 7 keping dvd dan burning windows dengan sangat baik.

    3. CD ( Compact Disk )

    Dalam hal ini memang hampir sama penjelasannya seperti pada Nomer 2 yaitu DVD, yang mana kegunaan dan fungsinya beserta fiturnya hampir sama persis, namun bisa kita lihat untuk saat ini memang cukup tertinggal bila menggunakan perangkat CD Rom, baik untuk memutar musik, film dan lain sebagainya. 
    Compact Disk

    Namun yang menjadi perhatian lebih kita bisanya digunakan untuk menyimpan foto pada saat kita menggunakan jasa Studio Poto, hal ini dikarenakan kapasitas yang tidak terlalu besar untuk menyimpan dan memuat sebuah file yang dibutuhkan, mungkin bagi kalian yang sudah biasa membuat Pas Foto di sebuah Poto Studio akan diberikan kepingan CD untuk memuat file poto kita diberbagai ukuran, ini bertujuan untuk mempermudah bagi kalian yang ingin mencetak fotonya di kemudian hari. 

    Merk Terbaik

    Untuk hal merk yang paling populer saat ini masih dipegang Verbatim, dari sejak adanya disket memang merk ini masih terjaga kualitasnya, kemudian pada nomer dua dipegang oleh PLUS, dan  diikuti oleh Sony, begitujuga dengan GT PRO, tiga merk tersebut yang masih banyak bertebaran di toko-toko yang menyediakan untuk keprluan Multimedia, seperti kios Potocopy, Warnet.

    Kapasita Compact Disk

    Mengenai Kapasitas, memiliki kapasitas yang umunya ditemukan yaitu 700 MB ( MegaByte ), ini dikarenakan menyesuaikan kebutuhan dan harga yang relatif lebih murah karena hanya digunakan sebagai penyimpanan sementara, untuk kemudian bisa anda simpan dalam jangka waktu yang lama.

    Type Compact Disk

    CD-R berfungsi hanya untuk menyimpan data sesuai dengan namanya Compact Disk- Recordable, dan dapat digunakan sekali saja dan data yang sudah ada tidak dapat diubah atau dihapus kembali.

    Dalam hal fungsi Compact Disk hanya untuk menyimpan data sama seperti CD-R, namun dalam Arti kata Compat disini adalah dalam arti yang sebenarnya yaitu hanya untuk "Menyimpan Data" yang simpel dan dapat memuat banyak format file.

    4. USB Flashdisk

    USB Berukuran kecil cukup praktis untuk dibawa kemana saja, dan disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh anda semua, kepanjangan dari USB adalah Universal Serial BUS yang saat menggunakannya harus ada penghubung untuk perangkat satu ini yang biasa diseput Port USB.

    Sebagai media penyimpanan untuk berbagai jenis file dan data yang dapat dibawa kemana saja menyesuaikan kebutuhan kapasitas yang diinginkan oleh pengguna, sama halnya Hardisk extenal pada keterangan diatas namun dari segi bentu akan menentukan sebagaimana fungsinya yang di design kecil minimalis dan tidak membutuhkan sumper daya yang besar, dari berbagai macam merk ada juga kasitas yang sering kita temukan biasanya minimal 1GB 2 sampai terbesar yang biasa saya temukan yaitu 64 GB ( Gigabyte).

    Evolusi yang saat ini berkembang biasanya bisa digunakan pada smartphone model yang suport dengan USB, biasa disebut OTG atau USB OTG ( Universal Serial Bus on The Go ). 

    Merk USB Flashdisk Terbaik

    Perlu diingat untuk hal merk-merk diatas dan berikut juga merk pada USB Flashdisk ini pasti ditemukan ada sebagian yang kualitasnya bagus dan juga cenderung jelek, baik yang asli atau sudah jelas yang paslu, kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan yang salah seperti cara mencabut USB yang tidak sesuai prosedur adalah salah satu yang membuat USB Flashdisk tidak awet atau mudah rusak dan eror. 
    Jenis USB

    Pada merk ini yang masih mendominasi seringnya saya dapatkan dari tiga merk besar yaitu Kingston Data Traveler, Toshiba, Sandisk,  Transcend, dan Vgen, namun saya memilih 2 Merk terbaik dengan fungsi yang cukup berat yaitu Kingston, Transcend  dan  Sandisk, dari tiga merk tersebut biasanya saya uji coba beberapa minggu bahkan bulan dengan cara cabut pasang ke USB Port tidak dengan prosedur yang benar, kemudian Copy, Paste data terus menerus dengan kapasitas yang besar, format berulang-ulang kali dengan kondisi data terisi minimal 8GB menyesuaikan kapasitas USB yang saya gunakan. 

    Tidak jarang saya juga mendapatkan USB yang kemudian Eror tidak bisa di format dan isi file, biasanya muncul tulisan Write Protect, bahkan hingga saat ini sudah ada 4 USB Flashdisk kapasitas 16 dan 32 GB yang rusak karena cara tersebut.

    Penutup

    Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bisa menjadi pelajaran dan manfaat untuk kita bersama, bagaimana dengan artikel ini itu adalah penilaian pembaca, dari berbagai sumber dan ujicoba yang saya mulai sejak mengenal komputer, merk dan kualitas seperti yang saya terangkan diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mau bagaimanapun juga ini adalah alat electronik yang mudah saja rusak, jangan lupa nantikan artikel-artikel menarik lainnya dan berikan tanggapan anda pada kolom komentar dibawah artikel ini.

    Posting Komentar

    0 Komentar