Subscribe Us

Tips Cara Mencegah Spyware Pegasus

    Tips Cara Mencegah Spyware Pegasus

    LastYoungBoy - Dalam beberapa minggu terakhir ini kita diberitakan tentang jenis spyware cukup ramai di dunia jurnalistik apalagi pada tokoh berpengaruh yang melibatkan kepala negara dimanpun, serangan dan bagaimana metode penyusupan sypware jenis ini, pada investigasi jurnalistik telah menemukan bukti perangkat lunak yang berbahaya yang digunakan oleh pemerintah pada seluruh dunia, perangkat lunak ini disinyalir sebagai mata-mata individu terkemuka.

    Lebih dari daftar 50 ribu nomor telepon, wartawan mengindentifikasi sudah ada 1000 lebih orang di 50 negara yang dilaporkan dibawah pengawasan yang menggunakan software pegasus, perangkan lunak ini yang telah saya informasikan pada artikel sebelumnya yaitu ciptaan dari perusahaan asal Israel NSO Group dan dijual kepada klient pemerintah.

    Cara Mencegah Spyware Pegasus

    Target yang telah dilaporkan dari spyware adalah wartawan, politisi, pejabat pemerintah, kepada eksekutif dan aktivis hak asasi manusia atau HAM, ada beberapa cara yang bisa saya berikan mengenai cara untuk menghindari dari ancaman spyware pegasus ini, pencegahan ini tidak hanya ke pegasus tetapi juga serangan berbahaya lainnya, berikut cara yang bisa saya berikan : 
    1.  Bila terdapat pesan dalam bentuk apapun yang terkirim kepada kalian semua, lihat dulu dari sumber dan kontak yang di percaya, karena pegasus menyerang ke perangkat Apple melalui tautan atau link menggunakan iMassage, ini adalah teknik paling umum dan sama yang digunakan olehh banyak penjahat cyber untuk mendistribusikan malware dan penipuan jenis apapun, cara yang sama juga berlaku untuk tautan atau link yang dikirim melalui email ataupun juga aplikasi Massage lainnya seperti Whatsapp.
    2. Pastikan perangkat kalian selalu update patch dan peningkatan freamware terbaru yang diberikan oleh vendor ponsel kalian masing-masing, jika kalian menggunakan android cek kembali apakah website resminya mengeluarkan update terbarunya, karena pabrikan atau situs web resmi perangkat android kalian bisa saja tidak menyediakan update software pada perangkat android kalian.
    3. Kalian juga harus membatasi akses secara fisik atau hindari dari "pinjam" ponsel kalian dari orang lain, baik teman atau saudara, lakukan juga pengaktifan PIN, sidik jari, atau penguncian wajah ke perangkat ponsel pintar kalian sendiri, ini cukup aman untuk melawan dan menghindari serangan spyware pegasus.
    4. Jika kalian para pengguna Wifi Hostpot gratis, ini disarankan untuk tidak menggunakannya baik pada lokasi Foodcort atau Hotel tempat kalian menginap, apalagi jika kalian pengguna atau pengakses informasi yang sensitif, pengguna VPN berbayar adalah solusi yang cukup baik ketika kalian harus dan tidak ada pilihan lain untuk menggunakan jaringan seperti tadi.
    5. Enkripsi data perangkat kalian dan selalu tersyncron atau selalu terhubung kepada perangkat komputer kalian jika suatu saat diperlukan untuk penghapusan data dari jarak jauh seperti metode Remot Akses pada komputer jarak jauh, ini untuk menghindari dari ponsel hilang atau dicuri, dengan metode ini kalian bisa menghapus data kalian dari jarak jauh yang dianggap data tersebut penting.
    6. Selalu Backup data kalian pada perangkat penyimpanan data seperti Usb OTG yang bisa sewaktu-wakti digunakan pada ponsel kalian sebagai penyimpanan akhir data penting kalian, jika diperlukan gunakan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan kode akses atau pasword pada file kalian dengan menggunakan aplikasi seperti Winrar atau Winzip.
    7. Informasikan pencegahan seperti diatas kepada keluarga inti kalian dirumah agar selalu berhati-hati dalam menggunakan perangkat android, media akses internet (HotSpot), dan selalu berikan informasi cara pencegahannya seperti cara diatas. 

    Penutup

    Walaupun Spyware Pegasus ini menyerang kepada individu yang dianggapnya penting, namun cara diatas juga bisa kalian terapkan pada kita sendiri untuk mencegah terjadinya pencurian data  menggunakan cara yang kita tidak ketahui, mungkin saja kalian orang yang dianggap perlu dan di curigai oleh lawan bisnis kalian, untuk menjatuhkan kredibilitas dengan menyerang secara teknologi, terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan nantikan artikel-artikel lainnya.

    Posting Komentar

    0 Komentar